PENERAPAN TEKNIK MENIRU MODEL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO

Authors

  • Siwi Astini SMP Negeri 30 Bandung
  • Intan Sartini IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v8i1.996

Abstract

Kemampuan mengungkapkan ide dan gagasan dalam menulis naskah pidato sangat penting untuk diajarkan dan dikuasai oleh peserta didik di era globalisasi saat ini. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini mengangkat model pembelajaran menulis naskah pidato dengan teknik meniru model. Oleh karena itu, tahapan persiapan dalam eksperimen ini berupa model pembelajaran dengan teknik meniru model. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimentasi. Pelaksanaan metode ini dilakukan melalui tahapan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Hasil yang diperoleh ternyata silabus yang dibuat sudah baik karena memang disusun berdasarkan kurikulum 2004. Model pembelajaran yang disiapkan sudah sesuai sehingga dapat dijadikan contoh bagi guru-guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan ternyata berkadar CBSA tinggi dan benar-benar dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi siswa untuk menguasai materi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan wawasan dan kemampuansiswa ketika pretes dan postes. Rata-rata nilai siswa ketika pretes adalah 5.8 sedangkan postes sebesar 9.87 dengan selisih sebesar 4.07. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari treatment yang diberikan. Tingkat pencapaian indikator hasil pembelajaran 95%. Penelitian ini menyarankan bahwa teknik meniru model dalam pembelajaran menulis lebih diperluas dengan tingkat imajinatif yang lebih tinggi dengan lebih mengeksplorasi kreatifitas siswa yang variatif. Kata Kunci: naskah pidato, teknik meniru model

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-08