TRANSFORMASI SASTRA DARI BIOGRAFI SEABAD ISMAIL MARZUKI: SENANDUNG MELINTAS ZAMAN KARYA NINOK LEKSONO KE DALAM DRAMA MUSIKAL PAYUNG FANTASI KARYA GARIN NUGROHO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA DI KELAS XI SMA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Lukman Hakim Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Pasundan Bandung
  • Panca Pertiwi Hidayati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan
  • Adi Rustandi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.8890

Keywords:

Keywords: literary transformation, drama, biography

Abstract

Transformasi sastra merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkaya bentuk sastra agar terus berkembang tanpa meninggalkan esensi bentuk awal. Selain itu, kegiatan sastra dapat dijadikan rujukan bahan ajar bagi siswa dan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas sastra di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses transformasi sastra dari biografi Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman karya Ninok Leksono menjadi drama musikal Payung Fantasi karya Garin Nugroho dan penggunaannya sebagai bahan ajar drama di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan observasi terhadap sumber data yang diteliti, yaitu buku biografi dan drama musikal terkait. Selain itu, penulis melakukan uji validasi terhadap bahan ajar yang telah disusun berdasarkan hasil penelitian. Kedua, ada indikator yang jelas sebagai penanda suatu bentuk transformasi sastra. Ketiga, musik yang digunakan dalam musikal memiliki harmoni dengan 21 tema dalam buku biografi. Keempat, berdasarkan hasil validasi 2 validator Modul Ajar dan LKPD yang telah disusun maka Modul Ajar dan LKPD dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif di kelas XI kurikulum SMA merdeka. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku biografi SIMSMZ dan drama musikal PF dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif di SMA, tepatnya di kelas XI. Kata kunci: transformasi sastra, drama, biografi  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2021). Kajian Dan Praktik Ekranisasi Cerpen Perempuan di Rumah Panggung ke Film Pendek Angkon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 31-40.

Hidayati, Panca Pertiwi. (2010). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: PT. Prisma Press Prodaktama.

Isra, Nur. (2017). Ekranisasi Novel ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017).

Juwariyah, J., & Sumartini, S. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 111-118.

Padusukma, Y., dkk. (2021). Kajian Alih Wahana Novel Layar Terkembang karya Sutan Tadir Alisjahbana kedalam Siniar Layar Terkembang serta implementasinya sebagai materi ajar SMA (telaah sastra bandingan). Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 168-179.

Prabowo, Anik., dkk. (2020). Komposisi Musik Ilustrasi pada Kelompok Teater Kembang SMAN 1 Brebes. Jurnal Seni Musik, 9 (2), 100-108.

Surwondo, T. (2019). Proses Kreatif Penulisan dan Pemanggungan. Yogyakarta: Balai Bahasa DIY.

Susantono, Nurul P. (2016). Produksi Drama Musikal: Dari Ide ke Panggung. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-01-02