MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE SAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8658Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
SAS menggunakan kartu huruf untuk meningkatkan pembelajaran
membaca dan menulis siswa tunagrahita kelas X SLBN Kota Jambi Jenis
penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Sumber data
penelitian ini ialah siswa penilaian unjuk kerja, dan arsip atau dokumen
rencana pelaksanaan pembnelajaran dan hasil pekerjaan membaca dan
menulis siswa), sedangkan data penelitian ini ialah hasil membaca dan
menulis siswa permulaan kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara teknik tes dan teknik nontes. Untuk memvalidasi data
peneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang
digunakan ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan metode SAS menggunakan media kartu huruf siswa
tunagrahita SLBN Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuan
membaca dan menulis. Sebanyak 7 orang siswa tunagrahita dengan
kemampuan kecerdasan yang berbeda tidak semuanya berhasil, karena
memang butuh proses dan waktu yang lama. Namun masih ada
peningkatan pada siklusnya dan mampu mencapai nilai dengan predikat
cukup. Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk menganalisis
ketidakberhasilan dalam penggunaan metode ini.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.












