KEGIATAN LITERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8281Keywords:
Pembelajaran literasi, Bahasa Indonesia, Peserta didikAbstract
Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap
peserta didik. Tulisan ini bertujuan menganalisis pembelajaran literasi mata
pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VI MIN 12 Kota Medan. Metode
kualitatif yang bersifat deskriptif dipilih dalam penelitian ini yang mengungkap
data dengan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas VI MIN 12 Kota Medan yang berjumlah
33 orang dan 1 orang wali kelas VI. Indepth Interview dilakukan dengan wali
kelas dan peserta didik. Observasi dilaksanakan pada waktu pembelajaran
bahasa Indonesia berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia diawali
dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan
membaca dilakukan dengan metode auditori, serta mengidentifikasi kata baru
yang belum diketahui. Hambatan dalam kegiatan literasi pada mata pelajaran
bahasa Indonesia yaitu pada aspek keterampilan membaca dan menulis dan
kesulitan guru dalam menerapkan kegiatan membaca yang lama dikhawatirkan
akan mengurangi waktu mata pelajaran yang lain. Upaya yang dilakukan guru
guna mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan membaca
15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan aspek penilaian dalam
membaca bukan dari seberapa cepat, akan tetapi seberapa fokus pada
pemahaman kalimat serta penempatan tanda baca yang tepat, dan memberikan
peluang terhadap peserta didik dalam menuangkan ide pokoknya dalam
menulis, seorang guru harus pandai dalam membagi waktu belajar yang efektif
agar kegiatan membaca yang dilakukan tidak menganggu waktu mata pelajaran
yang lain dengan memilih metode yang sesuai. Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia yakni berupa
bahan ajar, sumber dan strategi pembelajaran, serta penilaian.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.












