STRATEGI KELUARGA MISKIN DALAM MEMFASILITASI ANAK DI DALAM BELAJAR

Authors

  • Joesa Yolandari Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8214

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua, pertama untuk mengidentifikasi
persoalan yang dihadapi keluarga miskin pada masa pandemik terkait
belajar daring. Kedua, upaya yang dilakukan oleh keluarga miskin
dalam mengatasi persoalan pembelajaran anak. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di keluarga siswa
miskin di SMP N 03 Bengkulu Selatan. Subjek penelitian ini ada 30
orang informan yang terdiri dari orang tua anak dari keluarga miskin,
anak dari keluarga miskin, guru, dan koperasi. Pengambilan subjek
penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Dalam pengujian
keabsahan data adalah triangulasi yang merupakan teknik pemeriksaan
keabsahan data yang dilakukan dengan cara membandingkan data yang
diperoleh dari masing-masing narasumber. Tahapan analisa data Milles
dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berhasil menemukan fakta
berikut; terdapat 4 persoalan yang dihadapi keluarga miskin selama
pandemik; (1) tidak memiliki tabungan untuk membeli fasilitas belajar
berupa HP/Laptop; (2) tidak memiliki waktu untuk mendampingi anak
belajar; (3) tidak memiliki kemampuan akademik untuk mengajari
anak; dan (4) mengalami depresi karena tidak memiliki pekerjaan.
Situasi ini menunjukkan bahwa orang tua, senantiasa berupaya untuk
menyediakan sarana/prasarana belajar pada masa pandemik Covid-19.
Hal ini dapat dimaknai bahwa keluarga miskin sangatlah mementingkan
pendidikan terutama bagi anak mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46.

Anita, F. (2021). Kendala Pembelajaran Daring Terhadap Anak-Anak Panti Asuhan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 24–28.

Arlinwibowo, J., Retnawati, H., Kartowagiran, B., & Kassymova, G. K. (2020). Distance learning policy in Indonesia for facing pandemic COVID-19: School reaction and lesson plans. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 2828–2838.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Asvial, M., Mayangsari, J., & Yudistriansyah, A. (2021). Behavioral Intention of e-Learning: A Case Study of Distance Learning at a Junior High School in Indonesia due to the COVID-19 Pandemic. International Journal of Technology, 12(1), 54–64. https://doi.org/10.14716/ijtech.v12i1.4281

Bengkulu, B. (2021). Persentase Penduduk Miskin Provinsi Bengkulu. Badan Pusat Statistik Bengkulu.

Budiman, E. (2020). Mobile Data Usage on Online Learning during Covid-19 Pandemic in Higher Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(19), 4–16. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.17499

Faradiba. (2018). Karakter Disiplin Pnghargaan T Jawab Dlm Extrakurkuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98.

Farida, N., Lumbantobing, P. A., Donda, R., & Panggabean, E. (2021). Parenting “Peran dan Strategi Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Dimasa Pandemi Melalui Daring". Jurnal Abdimas Mutiara, 2(September), 180–188.

Fatimah, T., & Jalil, A. (2016). Profil Ekonomi Rumah Tangga Supir Angkutan Antar Kota Pekanbaru-Bangkinang. Jom Fisip, 3(1), 1–15.

Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. In Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawati, I. (2020). KELUARGA MISKIN DALAM GEMPURAN PANDEMI COVID-19 (H. Akil, Avicena (ed.)). B2P3KS Press.

Indira, P. M. (2017). Kapasitas Pengasuhan Orangtua dan Faktor-Faktor Pemungkinnya Pada Keluarga Miskin Perkotaan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 1–11.

Indriati, N., & Kartika, K. (2017). Studi Tentang Orang Tua Sebagai Buruh Migran Di Kabupaten Banyuman. Mimbar Hukum, 29(3), 474–487.

Irmayani, N. R. (2018). Pemenuhan Hak-Hak Anak Selama Berada di Rumah Tahanan: Studi Kasus di Rutan Kelas IIB Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Asian Social Work Journal, 3(2), 1–14.

Juanda, Y. A., Alfiandi, B., & Indraddin, I. (2019). Strategi Bertahan Hidup Buruh Tani Di Kecamatan Danau Kembar Alahan Panjang. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 514–530.

Mursyidin, M., Parlindungan, F., & Rahmatillah, R. (2021). Challenges in Online Learning during Covid-19 Pandemic: Lessons Learned from Universities in Indonesia. TESOL International Journal, 110–124.

Rofi’ah, R. (2021). PROBLEMATIKA ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN SOLUSI PEMECAHANNYA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 01(01), 52–58.

Sakti, S. A., & Luqman, H. (2021). Transformasi pembelajaran PAUD di era pandemi covid-19 (Study kasus pada masyarakat miskin pedesaan). Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(1), 10–15.

Sholihatun, S., Utanto, Y., & Handayani, S. S. D. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 730–735.

Suharto. (2009a). Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. In Bandung:Alfabeta.

Suharto. (2009b). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. In Bandung: PT Refika Aditama.

Sunarti, E. (2021). Ketahanan Keluarga Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. PT Penerbit IPB Press.

Thaheem, S. K., Zainol Abidin, M. J., Mirza, Q., & Pathan, H. U. (2021). Online teaching benefits and challenges during pandemic COVID-19: a comparative study of Pakistan and Indonesia. Asian Education and Development Studies, March. https://doi.org/10.1108/AEDS-08-2020-0189

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2021). DAMPAK PANDEMI CORONA TERHADAP KETANGGUHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI INDONESIA. Jurnal Edukha |, 2(2), 310–320.

Umanaolo, M. C. B. (2019). STRATEGI BERTAHAN HIDUP PETANI PADI GOGO DI PULAU BURU SURVIVAL STRATEGIES OF THE UPLAND RICE FARMERS IN BURU ISLAND. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3, 50–58.

Wigun, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86–95.

Yudiawan, A., Sunarso, B., Suharmoko, Sari, F., & Ahmadi. (2021). Successful online learning factors in covid-19 era: Study of islamic higher education in west papua, indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 193–201. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21036

Yusuf, I. (2019). STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG PASAR SANGGAM ADJI DILAYAS KABUPATEN BERAU. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 7(2), 195–205.

Downloads

Published

2023-07-01