STRUKTUR DAN TEKSTUR DRAMA NYI PUTRI GILANG RUKMINI KARYA YUSEF MULDIYANA SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Yeni Cania Puspita Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8052

Abstract

Banyak ragam kajian yang dapat dimanfaatkan guna membedah sebuahkarya sastra, salah satunya adalah drama. Drama Nyi Putri GilangRukmini karya Yusef Muldiyana ini menceritakan mengenai kisah anakyang sombong dan durhaka kepada orang tuanya serta cerita dibalikterbentuknya telaga warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendeskripsikan struktur dan juga tekstur drama Nyi Putri GilangRukmini karya Yusef Muldiyana. Metode yang digunakan padapenelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis. Berdasarkanhasil penelitan diketahui bahwa tema dalam drama Nyi Putri GilangRukmini karya Yusef Muldiyana ini bertemakan kemanusiaan danmemiliki tiga tokoh utama, yaitu Raja Prabu Suwartalaya dengankarakter penyayang, bijaksana, dan baik hati; Ratu Purbamanah dengankarakter penyayang juga penyabar; dan Nyi Putri Gilang Rukminidengan karakternya yang manja, pemarah, dan sombong. Alur dalamdrama ini meliputi tiga tahapan, mulai dari eksposisi, komplikasi, danjuga resolusi. Drama Nyi Putri Gilang Rukmini berupa dialogpercakapan antara raja dan ratu dengan susasana atau mood drama iniadalah penuh dengan konflik dengan anaknya yaitu Nyi Putri GilangRukmini. Mood yang ditampilkan pada setiap babak adalah suasanaketegangan, selain itu terdapat pula suasana gelisah, sedih, haru, kesal,khawatir dan penyesalan. Spectacle drama ini menghadirkan spectaclerealis yang di mana segala unsur pementasan ditampilkan menyerupaikenyataannya, sehingga perlu menggunakan banyak properti untukmenunjang jalan cerita. Melalui struktur dan tekstur yang ditemukanpada drama Nyi Putri Gilang Rukmini karya Yusef Muldiyana inidiharapkan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di kelas XISMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewojati, Cahyaningrum. (2010). Drama: sejarah, teori dan penerapannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dewojati, Cahyaningrum. (2014). Drama-Drama Indonesia Kajian Multiperspektif. Yogyakarta: Aksara Indonesia.

Moelong, Lexy J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroha, A. (2018). Unsur pembangun naskah drama Gentayu Ulak dalam karya Rusmana Dewi. https://ipm2kpe.or.id/journal/index.php/KIBASP/article/view/409.Rahmanto. B. (2004). Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiyaningsih, I. (2018). Ensiklopedia bahasa dan sastra indonesia apresiasi drama. Klaten: PT Intan Pariwara.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-01