PENERAPAN TEKNIK STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISCERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPIT NURUL ILMI JAMBI

Authors

  • Choirunnisa Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7929

Keywords:

Storyboard, Student Creativity, Short Story

Abstract

Media pembelajaran Teknik Storyboard merupakan media
pembelajaran yang akan disajikan kepada siswa dan guru sebagai
fasilitator dalam membimbing siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
menulis cerita pendek siswa kelas IX pada materi cerita pendek di
SMPIT Nurul Ilmi Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17
Februari sampai 4 Maret 2023. Metode penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (classroom action research) dengan desain yang terdiri
dari empat rangkaian yang dilakukan dalam satu siklus. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMPIT Nurul Ilmi Jambi. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tes
menulis cerita pendek, serta gambar. Teknik analisis data yaitu teknik
analisis data kualitatif yaitu menganalisa data dari proses pembelajaran
dan hasil pembelajaran. Kualitas hasil pembelajaran menulis cerita
pendek pada kelas IX menggunakan gambar dengan teknik
Storyboard[HP41] mengalami peningkatan. Nilai rata-rata peserta didik
pada siklus I sebesar 73,76 dan pada siklus II sebesar 85,12 . Rata-rata
peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II adalah 11,36. Hasil analisis
menunjukkan bahwa media gambar dengan teknik Storyboard lebih
efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menulis
cerita pendek dan membuat siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01