KESULITAN MEMBACA PADA ANAK KELAS IV SD DENGAN USIA 10 TAHUN (Studi Kasus pada Anak Tingkat Sekolah Dasar di SDN Sukasari)

Authors

  • Rendy Triandy Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.7293

Abstract

Anak disleksia merupakan bagian dari anak berkesulitan belajar. Kesulitan belajar membaca sering disebut disleksia. Anak yang memiliki keterlambatan kemampuan membaca, mengalami kesulitan dalam mengartikan atau mengenali struktur kata-kata. Hasil observasi awal di SDN Sukasari ditemukan seorang siswa bernama Beni Wahyu Setiadi yang saat ini duduk di kelas 4 yang mengalami kesulitan dalam membaca. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan studi kasus dengan metode penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi partisipasi dan pencatatan lapangan, dan (2) perekaman. Hasil penelitian menunjukkan, Beni mengalami kesulitan dalam memahami huruf sehingga masih kesulitan dalam membaca (disleksia). Kesulitan membaca Beni yaitu: 1) Sulit mengeja dengan benar, 2) Sulit mengeja kata atau suku kata yang bentuknya serupa, misal: b-d, u-n, atau m-n, 3) Ketika membaca anak sering salah melanjutkan ke paragraf berikutnya atau tidak berurutan, 4) Kesulitan mengurutkan huruf-huruf dalam kata, dan 5) Kesalahan mengeja yang dilakukan terus-menerus. Upaya untuk menangani anak disleksia bisa dengan pendekatan/ metode multisensori, yaitu: 1) usahakan agar benar-benar aktif dalam mendampinginya dari waktu ke waktu, 2) memberikan dorongan sedemikian rupa untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, serta 3) Buatlah semenarik mungkin ketika mengajarinya membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT Refika Aditama.

Dianawati, Dien Erlina. 2009. Pengembangan Metode Multisensore sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata pada Karangan Narasi bagi Siswa Berkesulitan Belajar Menulis. Tesis pada Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Shodiq, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Disleksia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud PPTA.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadoyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembalajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Syamsuddin dan Vismaia. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2023-01-01