PENERAPARAN TEKNIK 3P (PELIPUTAN, PENULISAN, PENYUNTINGAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA MAHASISWA STKIP SILIWANGI BANDUNG
Kata kunci: teknik pembelajaran, peliputan, penulisan, penyuntingan, editorial
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v8i1.722Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan menulis pada mahasiswa dan inovasi dalam penerapan teknik pembelajaran. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah menguji efektivitas teknik 3P dalam pembelajaran menulis teks editorial pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Dalam lingkup lain, penelitian ini bertujuan untuk mendukung visi dan misi STKIP Siliwangi, yakni melakukan penelitian di bidang pendidikan yang berorientasi pada pengembangan ilmu dan teknologi untuk mengembangkan pembelajaran sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi. Dalam mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan program SPSS, diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kemampuan menulis teks editorial di kelas yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan teknik 3P. Simpulan ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 dengan perhitungan uji t idenpendent sample teitorial.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.