Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia Berbasis ICT di SMP Negeri Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Siti Suwadah Rimang Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7163

Keywords:

Training, Literary Learning Media, and VDSC Editor

Abstract

Pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab diberikan untuk menyampaikan materi yang akan diberikan kepada guru-guru SMP mitra. 1) Metode ceramah bertujuan untuk menyampaikan rangkaian teori dan prosedur pembuatan bahan ajar kesastraan, dan bagaimana proses pembelajaran daapat dilakukan dengan baik dan efektif melalui Microteaching, 2) Metode diskusi dan tanya jawab digunakan untuk memudahkan instruktur atau pelaksana untuk menentukan strategi yang diterapkan dalam pembimbingan. Sedangkan tanya jawab dilakukan untuk mengecek apakah peserta telah memahami materi pembelajaran berbasis ICT yang diberikan instruktur, selain itu sesi tanya jawab membantu peserta dalam menyesuaikan media dengan pokok bahasan yang akan diajarkan. Metode penugasan digunakan untuk melatih guru-guru membuat media pembelajaran berbasis ICT menggunakan VSDC dan PPT dan mengimplementasikan media tersebut pada siswa. 3) Metode praktik dan penugasan, digunakan untuk memberikan latihan kepada peserta workshop untuk menyiapkan dan menyusunan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan VSDC dan PPT. 4) Proses pembuatan media pembelajaran berbasis ICT adalah menyiapkan perangkat Laptop atau PC yang lengkap dengan jaringan Internet, kemudin menyiapkan buku panduan yang dapat digunakan oleh guru dalam menjalankan aplikasi pembuatan media berbasis ICT menggunakan VSDC dan PPT. Masalah pertama yang dihadapi dalam pembelajaran sastra adalah 1) ketidakmampuan guru dalam menguasai sastra, 2)kurangnya keterampilan mengajar bagi guru, 3) kurangnya pemahaman terhadap sastra. Selanjutnya masalah kedua dalam bidang Teknologi, adalah 1) Belum dapat mengemas media dengan baik, 2)belum pernah mengikuti pelatihan pembuatan media ajar, 3) kurang termotivasi dalam meningkatkan keterampilan IT. Dengan adanya permasalahan tersebut di atas, maka solusi yang ditawarkan adalah 1) pelatihan pembuatan bahan ajar kesastraan, 2) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran 3) pelatihan dan pendampingan pengemasan media pembelajaran sastra, 4) Pelatihan dan penguatanLiterasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Vol. 13, No. 2, Juli 2023 e-ISSN 2549-2594364strategi dalam menggunakan media yang telah dibuat oleh guru, 5) Pelatihan Mempromosikan hasil karya melalui website/youtube. Melalui media ini guru akan terbantu menjelaskan cara membaca puisi yang baik sesuai yang ditampakkan oleh media audio-visual. Sekolah merupakan wadah dalam menuntut ilmu pengetahuan, namun jika sekolah itu tidak mampu membuat anak-anak bergairah, maka perlu dievaluasi Kembali apa yang kurang dalam proses belajar. Hal ini tentu terkait dengan pembelajaran sastra yang terbatas pada penghafalan teori dan teks. Sementara yang dinilai masih taraf kemampuan menghafal. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pembelajaran sastra di SMP Negeri 1 Bontoramba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Agus, M., Rimang, S. S., & Badji, I. R. (2021). Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.

Candra, E. N., & Mufliharsi, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Qr Code Sebagai Upaya Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMK. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 311-316. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6575.

Cahyani, I., Sastromiharjo, A., Harras, K. A., & Nugroho, A. (2021). Penguatan kompetensi guru bahasa indonesia dalam pengembangan media pembelajaran jarak jauh. DIMASATRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89-96. https://doi.org/10.17509/dm.v1i2.39335.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50-55. https://doi.org/10.55678/mallomo.v1i1.312.

Hidayati, D. W., Kurniati, L., Kusumawati, R., Wahyuni, A., & Rahmasari, M. P. (2022). Pelatihan Editing Video Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Manggali, 2(1), 58-66. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1960.

Kencana, W. H., Budilaksono, S., Thantawi, A. M., Suwartane, I. G. A., & Sentosa, E. (2022). Pengembangan Website Tanpa Coding Dan Hosting Gratis. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(2), 151-155. file:///C:/Users/HP/Downloads/1648-Article-2686-1-10-20211031.pdf.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen mutu pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928.

Mansyur, A. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Berbasis ICT dan VSDC Di MIS Al Abrar Kota Makassar. Education and Learning Journal, 4(1), 9-17. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i1.198.

Ratika, S. (2021). Konstruksi Penilaian Pembelajaran Sastra Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri Se-kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/13201/.

Riyanti, A., & Setyami, I. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 106-111. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4881.

Sari, D. S., Hidayati, D. W., Wahyuni, A., Lestari, R. S., & Awaliyah, N. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru SD melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di Era Pandemi Covid-19. Manggali, 1(2), 167-176. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1750.

Sastrawan, K. B. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS TRI HITA KARANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 3(2), 22-35. file:///C:/Users/HP/Downloads/331-612-1-SM.pdf.

Setiani, A., Almujab, S., Novendra, A. M., Indriani, R., & Hamdani, A. R. R. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING BERBANTUAN WEB BASED GEOTAGGING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 230-243. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6686.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran budaya sekolah dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar. https://eprints.umm.ac.id/45186/.

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Toyib, R., Yuniati, I., Sunardi, D., Wibowo, S. H., & Witriyono, H. (2022). WORKSHOP PLATFORM TEKNOLOGI MENGENAI DIGITALISASI BAHAN AJAR DAN PENDIRIAN CANEL TV MEDIA PROMOSI ERA 4.0. PKM Linggau: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 52-62. https://doi.org/10.55526/pkml.v2i2.310.

Wibowo, T. G. (2016). Menjadi guru kreatif. Media Maxima.

Downloads

Published

2023-07-01