PERENCANAAN TOPIK PEMBELAJARAN BIPA BERDASARKAN PADA MINAT PARA PENUTUR ASING SEBAGAI KOMPONEN STRATEGI DIPLOMASI

Authors

  • Diah Eka Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Huang Jianshi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6787

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pemilihan topik pembelajaran BIPA berdasarkan minat para penutur asing serta eksistensinya sebagai strategi diplomasi budaya. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket dan menggunakan gform dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemelajar BIPA memiliki berbagai alasan tertentu dalam mempelajari bahasa Indonesia, dengan alasan paling utama adalah untuk pekerjaan. Topik yang paling diminati oleh para pemelajar BIPA yang paling umum adalah wisata dan adat istiadat ataupun kebudayaan yang ada di Indonesia. Minat pemelajar BIPA tersebut dalam bidang kebudayaan tersebut, pentingnya dilaksanakan metode pembelajaran yang integratif dan kreatif dalam upaya memberikan pemahaman bahasa dan budaya Indonesia sebagai suatu strategi diplomasi budaya Indonesia pada tingkat internasional. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N. dan Muhammad, A. (2021) “Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) ‘Aku Suka Indonesia,’” 17(2), hal. 265–271.

Arumdyahsari, S., Hs, W. dan Susanto, G. (2016) “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), hal. 828–834.

Bogdan, R.C. dan Biklen, S.K. (2007) Qualitative research for education: an introduction to theories and methods.

Faiza, N. N. (2020). Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Program Kelas Bahasa Dalam Upaya Memperkenalkan Indonesia Di Laos Tahun 2016-2020 (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Hasanah, D.U., Kurniasih, D. dan Agustina, T. (2020) “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pada Mahasiswa Bipa Tingkat Dasar Di Iain Surakarta,” Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), hal. 114–125. doi:10.15408/dialektika.v6i2.10559.

Hasanah, D.U., Kurniasih, D. dan Halimah, N. (2021) “Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Model Graves Mahasiswa BIPA,” 10(1), hal. 22–38.

Kemendikbud (2021) Bakti BIPA. Tersedia pada: https://bipa.kemdikbud.go.id/bakti (Diakses: 17 Mei 2022).

Kurniawan, K., & Widia, I. (2020) "Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing". Dimasatra, 1(1).

Kusmiatun, A. (2016) “Topik Pilihan Mahasiswa Tiongkok Dalam Pembelajaran BIPA Program Transfer Kredit di UNY,” Litera, 15, hal. 138–146.

Parwati, S.A.P.E. (2021) “Budaya Bali Sebagai Media Motivasi Dalam Pembelajaran BIPA Tingkat Pemula,” Aksara: Jurnal Balai Bahasa Bali [Preprint]. doi:10.29255/aksara.v33i2.654.

Purbarani, E., Muliastuti, L., & Farah, S. (2021). "Pengembangan Model Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)". BASA Journal of Language & Literature, 1(2), 9-19.

Pujiono, S. dan Widodo, P. (2014) “Implementasi Budaya dalam Perkuliahan Menulis Akademik Mahasiswa BIPA Tiongkok,” Jurnal Litera, hal. 140–155.

Ramliyana, R. (2016) “Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta),” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), hal. 8–17. doi:10.30998/sap.v1i1.1006.

Sudana, P.A.P., Utama, I.D.G.B. dan Paramarta, I.M.S. (2017) “Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)Tingkat Dasar,” Seminar Nasional Riset Inovatif, hal. 375–383.

Suyitno, I. (2007) “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar,” Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), hal. 62. doi:10.17510/wjhi.v9i1.223.

Utami, D.A.F. dan Rahmawati, L.E.R. (2020) “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1,” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), hal. 277–294. doi:10.24176/kredo.v3i2.4747.

Zamahsari, G.K., Roffi’uddin, A.H. dan HS, W. (2019) “Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), hal. 68. doi:10.17977/jptpp.v4i1.11860.

Downloads

Published

2023-01-24