PENERAPAN MODEL PENILAIAN TEMAN SEJAWAT BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v12i2.5985Abstract
Mata Kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa di perguruan tinggi. Mata kuliah ini menjadi sumber pengembangan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, serta pengembangan kompetensi berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Penelitian ini berangkat dari tuntutan standar lulusan dan capaian pembelajaran yang menetapkan mahasiswa harus mampu menyusun karya akademik dengan baik. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa dengan menerapkan penilaian teman sejawat berbasis portofolio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sampel seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan yang mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia pada tahun akademik 2021/2022 sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berbasis portofolio. Portofolio yang diberikan secara terprogram, untuk melatih mahasiswa berpikir kritis, analitis, deduktif, induktif, dan reflektif dalam mewujudkan karya akademik berupa teks ulasan, teks proposal kegiatan, teks laporan kegiatan, dan teks artikel ilmiah. Melalui portofolio yang diprogramkan, diharapkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya akademik meningkat. Hasil penelitian menunjukkan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis karya akademik berupa teks ulasan buku, teks proposal kegiatan, teks laporan kegiatan, dan teks artikel. Dengan demikian, penilaian teman sejawat berbasis portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis akademik dengan baik.Downloads
References
A.R., Syamsuddin dan Damaianti, Vismaia. (2011). Metode Penelitian Pendidikan
Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto dan Syaiful K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Kemendikbud. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud (2020). Panduan Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilalain.
Surapranata, S. dan Hatta, M. (2007). Penilaian portofolio. Bandung: PT Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.