PENERAPAN MODEL PENILAIAN TEMAN SEJAWAT BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PASUNDAN

Authors

  • Titin Nurhayatin FKIP Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v12i2.5985

Abstract

Mata Kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa di perguruan tinggi. Mata kuliah ini menjadi sumber pengembangan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, serta pengembangan kompetensi berbahasa  Indonesia, baik lisan maupun tulis. Penelitian ini berangkat dari tuntutan standar lulusan dan capaian pembelajaran yang menetapkan mahasiswa harus mampu menyusun karya akademik dengan baik.  Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan perkuliahan yang  berpusat pada mahasiswa  dengan menerapkan penilaian teman sejawat berbasis portofolio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sampel  seluruh  mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan yang mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia pada tahun akademik 2021/2022 sebanyak 50 orang.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berbasis portofolio. Portofolio yang diberikan secara terprogram, untuk melatih mahasiswa berpikir kritis, analitis,  deduktif, induktif, dan reflektif dalam mewujudkan karya akademik berupa teks ulasan, teks  proposal kegiatan, teks laporan kegiatan, dan teks artikel ilmiah.  Melalui portofolio yang diprogramkan, diharapkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya akademik meningkat. Hasil penelitian menunjukkan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis karya akademik berupa teks ulasan buku, teks proposal kegiatan,  teks laporan kegiatan, dan teks artikel. Dengan demikian,  penilaian teman sejawat berbasis portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis akademik dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.R., Syamsuddin dan Damaianti, Vismaia. (2011). Metode Penelitian Pendidikan

Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto dan Syaiful K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud (2020). Panduan Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilalain.

Surapranata, S. dan Hatta, M. (2007). Penilaian portofolio. Bandung: PT Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-23