PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIPADUKAN DENGAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF

  • Saiful Almujab Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eeng Ahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suwatno Suwatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kusnendi Kusnendi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai upaya dalam menghadapi situasi adaptif dalam perkembangan teknologi terlebih era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan model Problem Based Learning dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dalam pembelajaran teori ekonomi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pola kelas control dan kelas eksperimen. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz terhadap HOTS level konseptual dengan signifikansi nilai F sebesar 17,370. Kemudian pada level prosedural terdapat pengaruh dengan nilai F sebesar 11,656 selanjutnya pada level kognitif metakognitif dengan pengaruh nilai F sebesar 11,656. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemilihan model PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 11, 2022
How to Cite
ALMUJAB, Saiful et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIPADUKAN DENGAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 108-119, may 2022. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/5321>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5321.