PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIPADUKAN DENGAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF

Authors

  • Saiful Almujab Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eeng Ahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suwatno Suwatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kusnendi Kusnendi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5321

Keywords:

Problem Based Learning, Siklus 5E, Quizizz, Media, HOTS

Abstract

Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai upaya dalam menghadapi situasi adaptif dalam perkembangan teknologi terlebih era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan model Problem Based Learning dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dalam pembelajaran teori ekonomi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pola kelas control dan kelas eksperimen. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz terhadap HOTS level konseptual dengan signifikansi nilai F sebesar 17,370. Kemudian pada level prosedural terdapat pengaruh dengan nilai F sebesar 11,656 selanjutnya pada level kognitif metakognitif dengan pengaruh nilai F sebesar 11,656. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemilihan model PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16

Antonenko, P. D., & Thompson, A. D. (2011). Preservice teachers’ perspectives on the definition and assessment of creativity and the role of web design in developing creative potential. Education and Information Technologies, 16(2), 203–224. https://doi.org/10.1007/s10639-009-9112-1

Ariyana, Y., Pujiastuti, A., D. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorieantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. July. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331

Benedek, M., Nordtvedt, N., Jauk, E., Koschmieder, C., Pretsch, J., Krammer, G., & Neubauer, A. C. (2016). Assessment of creativity evaluation skills: A psychometric investigation in prospective teachers. Thinking Skills and Creativity, 21, 75–84. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.05.007

Bryman, A., & Bell, E. (2015). Business Research Methods 4th edition. Oxford University Press.

Deta, U. A., Suparmi, & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 9(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Disman. (2017). True Experimental dan Quasi Experimental.

Gerver, R. & Robinson, K. (2010). Creating tomorrow’s schools today: education. Continuum International Publishing Group.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moosle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika. Seminar Nasional FIsika Dan Aplikasinya, 86–91.

In’am, A., Saad, N., & Ghani, S. A. (2012). A Metacognitive Approach to Solving Algebra Problems. International Journal of Independent Research and Studies, 1(4), 162–173.

Jeyapraskasam, N. K. (2017). ONLINE INTERACTIVE GAMES: A MODERN APPROACH FOR TEACHING BIOLOGY. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kaila, H. L. (2005). Democratizing schools across the world to stop killing creativity in children: An Indian perspective. Counselling Psychology Quarterly, 18(1), 1–6. https://doi.org/10.1080/09515070500099728

Lassig, C. J. (2013). Approaches to creativity: How adolescents engage in the creative process. Thinking Skills and Creativity, 10, 3–12. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.05.002

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Nurhasanah, Y. (2021). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar Laboratorium UPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Paidi, Wibowo, Y., & Rachmawati, A. (2013). Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA UNY. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta, 365–378. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-paidi-msi/artikel-metakognitif-makalah-semnas-bio-2013-paidi.pdf

Pisani, E. (2016). Apparently, 42% of young Indonesians are good for nothing. IIndonesia Etc (Exploring the Improbable Nation). http://indonesiaetc.com/apparently-42-of-young-indonesians-are-good-for-nothing/

Putra, D. A. P., & Sudarti. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 45–48. https://doi.org/10.22146/jfi.24373

Rahayu, I. S. D., & Purnawarman, P. (2019). The Use of Quizizz in Improving Students’ Grammar Understanding through Self-Assessment. 254(Conaplin 2018), 102–106. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.235

Riva Ismawati. (2017). Improving Creativity Of The Future Physics Teachers Through General Biology Learning Based On Ctl With Experimental Method. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.621

Riyana, C. (2018, September 24). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran.

Robinson, K. (2011). Out of our minds: learning to be creative. Capstone.

Sternberg, R. (2007). Creativity - A Handbook for Teachers (Issue c, pp. 3–25). https://doi.org/10.1142/9789812770868

Utami, P. B. (2019). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning Sebagai Komplemen Pembelajaran Alat Optik Untuk Menumbuhkan Higher Order Thinking Skills Siswa. Universitas Lampung.

W, V. I. K., P, R. M., & Suciati. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Blended-Problem Solving melalui Aplikasi Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA 4 SMA N 3 Surakata Tahun Pelajaran 2012/2013. BIO-PEDAGOGI, 3.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Downloads

Published

2022-05-11