KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran berbasis penyelidikan yang berpusat pada peserta didik, di mana mereka terlibat dengan masalah yang otentik dan tidak terstruktur yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Model pembelajaran berbasis masalah juga merupakan salah satu model yang mendukung pembelajaran pada abad 21, dimana pembelajaran abad ke 21 memerlukan penerapan instruksi yang memungkinkan peserta didik untuk mengaplikasikan materi pelajaran, mengambil kepemilikan pembelajaran mereka, menggunakan teknologi secara berarti, dan berkolaborasi. Berpikir kreatif merupakan kemampuan dasar dari kecerdasan manusia, yaitu kemampuan dan pengalaman individu dalam berpikir, berkomunikasi dan melihat dirinya sendiri secara alami melalui kata-kata, visual, dan audio. Kemampuan dan pengalaman tersebut diperoleh dari interaksi sosial dan refleksi pribadi.Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.