PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL RAPIJALI 1: MENCARI KARYA DEE LESTARI

Authors

  • Salma Noer Baety PBSI FKIP Universitas Pasundan
  • Dindin Muhammad Zainal Muhyi Universitas Pasundan
  • Desti Fatin Fauziyyah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5044

Keywords:

Nilai Historis, Novel Pulang

Abstract

Fenomena kehidupan sosial remaja saat ini rentan dengan nilai-nilai baik dan buruk dalam kehidupan bersosial. Novel Rapijali 1: Mencari karya Dee Lestari mengisahkan kehidupan sekelompok remaja SMA yang bercita-cita meraih kesuksesan dalam bermusik. Perjalanan mencapai kesuksesan ini diliputi dengan konflik politik dan sosial. Penelitian kualitatif ini berfokus pada penelaahan tentang pandangan dunia pengarang dalam novel Rapijali 1: Mencari. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode dialektik dengan teknik simak-catat. Teori yang digunakan mengacu pada teori strukturalisme genetik dari Lucien Goldmann yang merupakan salah satu bagian dari sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan pandangan dunia pengarang mengenai humanisme, eksistensialisme, dan idealisme. Pandangan dunia pengarang ini berkaitan dengan struktur sosial masyarakat pada masa penciptaan karya yang diidentifikasi melalui aspek ekonomi, politik, dan lingkungan sosial. Kata Kunci: novel Rapijali 1: Mencari, pandangan dunia pengarang, struktur sosial masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artika, I Wayan. 2018. “Wajah” pengajaran sastra kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional V: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 19 September 2018

Basir, Udjang Pr. M. 2017. Aspek “kesastraan” dalam kurikulum bahasa indonesia: sejumlah problematika terstuktur. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 4 Juli 2017

Damono, Sapardi Djoko. 2020. Sosiologi sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Faruk. 2019. Pengantar sosiologi sastra dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

____. 2020. Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauziyyah, Desti Fatin & Sumiyadi. 2020. Nilai-nilai didaktis dalam novel burung-burung kecil karya Kembangmanggis. Jurnal SEMANTIK, Vol. 9 (1). Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1667 (diakses tanggal 11 Desember 2021

Lestari, Dee. 2021, Januari. RAPIJALI. Diakses dari laman web https://deelestari.com/rapijali/

Lestari, Dee. 2021. Rapijali 1: Mencari. Yogyakarta: Penerbit Bentang

Madasari, Okky. 2019. Genealogi sastra indonesia: kapitalisme, islam, dan sastra perlawanan. Tersedia secara daring melalui https://www.okkymadasari.net

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rahmanto, Bernandus. 1988. Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma sosiologi sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

___________________. 2015. Teori, metode, dan teknik penelitian sastra: dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syahrul, Ninawati. 2017. Pembelajaran sastra indonesia dalam konteks global. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 3 Juli 2017

Utaminingsih, Diah & Citra Abriani Maharani. 2017. Bimbingan dan konseling perkembangan remaja. Yogyakarta: Psikosain

Warsiman. 2016. Membumikan pembelajaran sastra yang humanis. Malang: UB Press

Wicaksono, Andri. 2018. Tentang sastra: orkestrasi teori dan pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca

Wuryani, Wani. 2013. Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Jurnal SEMANTIK, Vol. 2 (2). Tersedia:

https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/327 (diakses tanggal 19 Oktober 2020)

Downloads

Published

2022-02-01