IMPLEMENTASI TEKNIK SQ3R DISERTAI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD

  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun
  • Dewi Lailatul Karoma Universitas PGRI Madiun
  • Winda Ayu Cahya Universitas PGRI Madiun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, proses, respon siswa dan kendala yang dihadapi dalam penerapan metode SQ3R disertai media cerita bergambar pada pembelajaran membaca pemahaman kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dikelas IV SDN 03 Baosan Lor, Ponorogo dengan jumlah siswa sebanyak 31. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuosioner dan dokumentasi. Analsis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran seperti silabus, RPP dan media tersusun dan terrencana dengan baik. Proses pembelajaran menciptakan kondisi suasana yang efektif, berjalan dengan lancar dan menyenangkan, siswa merespon pembelajaran dengan respon sangat positif, dan kendala yang dihadapi yaitu alokasi waktu kurang maksimal, dan terdapat 2-3 orang siswa yang kesulitan dalam mengkuti tahap pembelajaran karena masih bingung  dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
MARUTI, Endang Sri; KAROMA, Dewi Lailatul; CAHYA, Winda Ayu. IMPLEMENTASI TEKNIK SQ3R DISERTAI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 34-42, jan. 2022. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/4726>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4726.