STRATEGI PENDIDIKAN LITERASI KELUARGA MELALUI ANALISIS NILAI DIDAKTIS PADA CERITA ANAK LITARA

Authors

  • Desti Fatin Fauziyyah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan
  • Dadang Sunendar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vismaia S. Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800

Abstract

Masa pandemik covid-19 membuat penuh waktu kita bersama keluarga. Anak akan melihat apa yang mereka amati dan dengar. Melakukan sebuah tindakan kecil untuk memajukan literasi keluarga akn membuahkan kebiasaan besar yang akan melekat di diri anak. Memulai dengan membuat strategi pendidikan literasi keluarga merupakan langkah awal untuk menjaga situasi rumah agar lebih produktif di masa pandemik covid-19 ini. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut. (1) membaca cerita anak, (2) menandai dan menganalisis data dalam cerita anak, (3) menyimpulkan nilai-nilai didaktis pada cerita anak tersebut, (4) Membuat strategi literasi keluarga dari hasil analisis nilai didaktis cerita anak dari litara. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan hasil yang didapatkan memberikan strategi pendidikan untuk memilih cerita anak yang kebermanfaatannya dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan keluarga dan kerja sama membangun kebersamaan belajar untuk meningkatkan literasi antara orang tua dan anak. Sebelum orang tua membacakan cerita, orang tua pun dituntut untuk mampu menganalisis dan memberikan pengetahuan yang luas dari yang akan dibacakannya. Seperti yang kita rasakan pada masa kanak-kanak, bahwa cerita yang menarik pada masa anak-anak akan terus teringat hingga kita dewasa. Kata Kunci : strategi pendidikan, lietrasi keluarga, nilai didaktis, cerita anak litara

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-09