PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN SUKASARI BANDUNG

kemampuan menulis: menulis narasi: teknik pembelajaran mind mapping

  • Feby Inggriyani Unpas

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Kecamatan Sukasari Bandung tahun akademik 2013/2014 mengalami kesulitan jika diberikan tugas untuk menulis narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen model two group post-test design. Kemampuan menulis narasi pada siswa yang belajar dengan menggunakan teknik mind mapping memiliki nilai rata-rata 81,95 dengan nilai tertinggi adalah 92 dan terendah 68. Sedangkan kemampuan menulis narasi pada siswa yang belajar dengan teknik konvensional memiliki nilai rata-rata 76,2 dengan nilai tertinggi 86 dan terendah 67. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikan 0,05 (95%) dengan ketentuan apabila thitung lebih besar dari ttabel yakni 2,527 > 1,729 berarti Ho ditolak sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian, teknik pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 4  Sukarasa Kota Bandung Tahun 2014.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2017
How to Cite
INGGRIYANI, Feby. PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN SUKASARI BANDUNG. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-13, mar. 2017. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/274>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i1.274.