MENINGKATKAN WAWASAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI DI ERA DISRUPSI
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.22319Keywords:
Literasi dan Numerasi.Abstract
Artikel ini berfokus pada penguatan kemampuan literasi dan numerasi dosen sehingga bisa mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Setelah mengikuti workshop, peserta workshop mampu mengimplementasikan literasi dan numerasi pada kegiatan perkualiahannya. Tujuannya yaitu peserta workshop mampu memahami literasi dan numerasi dan mampu mengimplementasikan literasi dan numerasi pada mata kuliah yang diampunya. Worshop ini dirancang dengan pola berbagi dan menginspirasi. Dengan harapan, segala bentuk hal positif yang didapatkan bisa diimplementasikan dalam ruang belajar dosen dan mahasiswa. Hasilnya, peserta membuat materi perkuliahan yang mengacu pada konsep literasi dan numerasi.Downloads
References
Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal Of Sociology, Education, And Development, 1(2), 132–142. Https://Doi.Org/10.52483/Ijsed.V1i2.12.
Angraeni, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 837-849.
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 148–172. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V2i1.41.
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Wahyuni, S. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 82–95. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1803.
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584.
GLN (Gerakan Literasi Nasional), Tim. 2017a. Panduan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mariamah, Suciaty, & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 17-19.
Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.
Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri DiKabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3 No 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.