MENINGKATKAN WAWASAN DAN PENGETAHUAN TENTANG PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI DI ERA DISRUPSI

Authors

  • adi rustandi Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.22319

Keywords:

Literasi dan Numerasi.

Abstract

Artikel ini berfokus pada penguatan kemampuan literasi dan numerasi dosen sehingga bisa mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Setelah mengikuti workshop, peserta workshop mampu mengimplementasikan literasi dan numerasi pada kegiatan perkualiahannya. Tujuannya yaitu peserta workshop mampu memahami literasi dan numerasi dan mampu mengimplementasikan literasi dan numerasi pada mata kuliah yang diampunya. Worshop ini dirancang dengan pola berbagi dan menginspirasi. Dengan harapan, segala bentuk hal positif yang didapatkan bisa diimplementasikan dalam ruang belajar dosen dan mahasiswa. Hasilnya, peserta membuat materi perkuliahan yang mengacu pada konsep literasi dan numerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal Of Sociology, Education, And Development, 1(2), 132–142. Https://Doi.Org/10.52483/Ijsed.V1i2.12.

Angraeni, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 837-849.

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 148–172. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V2i1.41.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Wahyuni, S. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 82–95. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1803.

Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584.

GLN (Gerakan Literasi Nasional), Tim. 2017a. Panduan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mariamah, Suciaty, & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 17-19.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.

Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri DiKabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3 No 3.

Downloads

Published

2025-01-31