DAMPAK PELATIHAN MODEL BACKWARD DESIGN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL MGMP BAHASA INDONESIA DI PANGANDARAN

Authors

  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.22317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas workshop dalam meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia untuk merancang asesmen berbasis Backward Design. Hasil analisis pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta setelah mengikuti workshop. Rata-rata skor peserta meningkat dari 6,38 pada pre-test menjadi 7,34 pada post-test, dengan peningkatan rata-rata sebesar 0,96 poin. Temuan ini mendukung pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum dan asesmen yang lebih terstruktur dan berorientasi pada hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices (Thrid).

Paget, J. (1973). To Undertand Is To Invent: The Future of Education. Crosman.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016).

Popham, W. James. (2017). Classroom assessment : what teachers need to know. Pearson Education.

Wei, R. C., Darling-Hammond, L., Andree, A., Richardson, N., & Orphanos, S. (2009). Professional Learning in the Learning Profession A Status Report on Teacher Development in the U.S. and Abroad Technical Report. www.nsdc.org

Wiggins, G., & Mctighe, J. (2005). Understanding by Design. ASCD. www.ascd.org

Downloads

Published

2025-01-31