IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STUDENT AGENCY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK FASE D OLEH GURU PENGGERAK PADA KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.22316Keywords:
Problem Based Learning, Student Agency, Menulis, Bercerita, Teks Naratif.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Hal tersebut disebabkan peserta didik kurang memahami struktur dan kebahasaan dalam menulis teks naratif. Selain itu peserta didik belum terlatih ketika berbicara di depan kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis memilih implementasi problem based learning berbasis student agency untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 4 Cimahi dalam menulis teks naratif dan berdampak terhadap kemampuan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model tersebut terhadap kemampuan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 4 Cimahi dalam menulis teks naratif dan kemampuan bercerita dikategorikan baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, bahwa implementasi model tersebut berdampak terhadap kemampuan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Hal ini didukung dengan perhitungan statistik. Terdapat perbedaan signifikan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita peserta didik di kelas eksperimen menggunakan problem based learning berbasis student agency dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menulis teks naratif berdampak terhadap kemampuan bercerita peserta didik. Selain itu, dapat menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran di kelas. Terbukti dari rata-rata pretest menulis teks naratif di kelas eksperimen memperoleh 56,86, sementara perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen memperoleh 81,86 menunjukkan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretest kemampuan bercerita peserta didik yaitu 49,25, sementara nilai rata-rata posttest 74,25, juga menunjukkan kenaikan.Downloads
References
Bandura, A. Social Cognitive theory: An agentic perspective. Annual Review of Psychology, 2001. 52, 1–26 (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Brown, K., & Westaway, E. Agency, capacity, and resilience to environmental change: Lessons from human development, well-being, and disasters. Annual Review of Environment and Resources, 2011, 36, 321–342 (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Damsa, C. I., Kirschner, P., Andriessen, J. E. B., Erkens, G., & Sins, P. H. M. Shared epistemic agency: An empirical study of an emergent construct. Journal of the Learning Sciences. 2010, 19, 2, 143–186. (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Eteläpelto, A., Vähäsantanen, K., Hökkä, P., & Paloniemi, S. (2013). What is agency? Conceptualizing professional agency at work. Educational Research Review, 10, 45-65. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.05.001. (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung : Refika Aditama.
Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Luncurkan Program Merdeka Belajar Episode Kelima: Guru Penggerak. https://www.youtube.com/watch?v=lG_TWbRX994&t=3s (diakses pada tanggal 02 Juni 2023).
Kemendikbud. (2022). Kemendikbud Luncurkan Program Merdeka Belajar Episode Kelima Belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. https://www.youtube.com/watch?v=T2-s6yY9yoI&t=104s (diakses pada tanggal 02 Juni 2023).
Kusuma, Oscarina Dewi. Siti Luthfah (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak CGP Angkatan 5 Paket Modul 2 Praktik Pembelajaran yang Berpihak Kepada Murid Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Moore, I. The effect of voice on the perception of student agency. International Journal of Education. 2022, 111, 1-10. (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
OECD. Conceptual learning framework. Student Agency for 2030. 2019. 1-14. (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Reeve, J., & Shin, S. H. How teachers can support students’ agentic engagement. Theory into Practice, 2020. 59, 2, 150–161. (diakses pada tanggal 28 Mei 2023).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.