KARAKTERISTIK BAHASA PEDAGANG KAKI LIMA PASAR PAGI KOTA SABANG

  • Wirduna Wirduna Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abulyatama
  • Rahmad Nuthihar Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat http://orcid.org/0000-0001-8060-2113
  • Sri Widya Universitas Abulyatama

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis karakteristik tindak tutur pedagang kaki lima pasar pagi Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak, dan catat. Data diolah dengan langkah mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya karakteristik strategi yang digunakan oleh pedagang dalam interaksi jual beli yang berbeda-beda. Jenis karakteristik strategi tindak tutur yang digunakan pedagang kaki lima pasar pagi Kota Sabang meliputi: dua jenis strategi penghormatan, tiga strategi keengganan, empat strategi penghindaran, sepuluh strategi perayuan, dan dua strategi penghargaan. Kelima strategi tersebut dipakai dalam transaksi jual beli yang ada pada pedagang kaki lima pasar pagi Kota Sabang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2020
How to Cite
WIRDUNA, Wirduna; NUTHIHAR, Rahmad; WIDYA, Sri. KARAKTERISTIK BAHASA PEDAGANG KAKI LIMA PASAR PAGI KOTA SABANG. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 71-84, july 2020. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/2223>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2223.