ANALISIS GAYA BAHASA PADA PUISI WAHAI GURU, KAU INI BAGAIMANA: KAJIAN SEMANTIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i2.19698Keywords:
puisi, majas, kritis sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan berbagai majas dalam puisi "Wahai Guru, Kau Ini Bagaimana" karya Samsul Hadi, serta mengeksplorasi bagaimana gaya bahasa tersebut memperkuat pesan dan kritik sosial terhadap perilaku guru. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru sebagai pendidik yang ideal, namun sering kali tidak selaras antara sikap dan tanggung jawab yang diemban. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi untuk mengkaji secara mendalam majas-majas yang digunakan dalam puisi tersebut. Hasil analisis menemukan bahwa terdapat 17 jenis majas, seperti ironi, antitesis, repetisi, hiperbola, dan sarkasme, yang memperkaya estetika puisi sekaligus memperkuat makna kritik sosial. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan majas dalam puisi ini efektif dalam menyampaikan ketidakpuasan terhadap sikap guru, membangun pengalaman emosional bagi pembaca, serta mendorong refleksi kritis terhadap peran dan tanggung jawab guru dalam dunia pendidikan.Downloads
References
Emzir, & Rohman, S. (2018). Teori dan pengajaran sastra. Jakarta: Rajawali Pers.
Hura, D. B., & Ndraha, L. (2024). Gaya bahasa dalam puisi Diponegoro karya Chairil Anwar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(1), 45–56.
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mailani, R., Lestari, N., & Suryani, T. (2022). Emosi dalam puisi: Analisis psikologi sastra. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 10(2), 113–120.
Mulyadi, M., Suryaman, M., & Ardianto, D. (2020). Analisis struktur dan bahasa puisi Indonesia modern. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1), 55–63.
Nainggolan, A. (2022). Nilai estetika dalam puisi kontemporer. Jurnal Estetika dan Sastra, 14(1), 28–35.
Ntelu, N. R. (2020). Peran majas dalam membangun makna puisi. Bahasa dan Seni, 48(2), 217–225.
Pertiwi, A. M. (2022). Kritik sosial dalam puisi Wahai Guru, Kau Ini Bagaimana karya Samsul Hadi. Jurnal Sastra dan Kritik, 11(3), 135–142.
Pratama, R. B. (2023). Gaya bahasa dalam puisi Kaleidoskop karya Salman Khairy Farras. Jurnal Stilistika, 5(2), 92–100.
Rachmadani, A. (2017). Analisis gaya bahasa dalam puisi karya siswa SMA. Jurnal Literasi, 8(1), 65–72.
Safari, A., Mulyadi, M., & Hasibuan, I. (2022). Fungsi sastra sebagai media edukasi dan hiburan. Jurnal Humaniora, 26(1), 88–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.