ANALISIS KESULITAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS II SDN BALIMESTER 01 PAGI JAKARTA TIMUR

Authors

  • Nur Rahmah Cahyani Universitas Muhammadiyyah Prof. Dr. Hamka
  • Suswandari Universitas Muhammadiyyah Prof. Dr. Hamka
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i2.19695

Keywords:

Kesulitan Belajar, Menulis, Huruf Tegak Bersambung, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik kelas II SD yang mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis huruf tegak bersambung. Kesulitan yang ditemukan meliputi penulisan huruf kapital, penggabungan huruf menjadi kata, serta ketidaksesuaian bentuk dan ukuran huruf. Faktor penyebabnya ditinjau dari aspek psikologis, motorik, dan sosial. Peran pendidik sangat penting dalam membantu mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan menulis huruf tegak bersambung pada peserta didik kelas II SDN Balimester 01 Pagi tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas II dan guru kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan serta menilai keterampilan menulis mereka. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari guru dan peserta didik, sedangkan dokumentasi berupa hasil tulisan siswa pada buku garis lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menulis huruf tegak bersambung disebabkan oleh: 1) faktor psikologis, seperti kesulitan memahami bentuk huruf; 2) faktor motorik, berupa ketidakterbiasaan menulis dengan gaya huruf sambung; dan 3) faktor sosial, yaitu kurangnya dukungan keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesta. (2018). Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 30-37.

Aisyah, S. (2020, Januari 31). BAHAN AJAR SEBAGAI BAGIAN DALAM KAJIAN PROBLEMATIKA. Jurnal Salaka, 2, 62-65. Altaftazani2, N. N. (2021, Maret 2). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF. Journal of Elementary Education, 4, 278-283.

Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta Didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 23-28.

Anita Tri Yuniarti*, H. H. (2020, Januari 1). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG. Elementary School, 7, 1-6.

Ansar , S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1-7.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey As-Syari. Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 168-183.

Aristiawan, D. (2023). Bimbingan Belajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa Sekolah Dasar di Desa Pringgarata . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 677-683.

Arnawa, N. (2022). Aspek-Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Penguatan Literasi Anak Tunarungu. Jurnal Bahasa dan Seni, 378-390.

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aulia, C. I. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Classroom, 58-61.

Chyalutfa. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 82-86.

Depdiknas. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 1-10.

Depdiknas. (2009). Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 1-9.

Fadhillah , N. (2023). Pengaruh Penggunaan Youtube untuk Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 15-20.

Fathan, S. (2023). Status Fisiologi Ayam Kampung Super Akibat Perbedaan Cahaya Penerangan. Journal of Equatorial Animals, 1-8.

Fatimah, & Permatasari. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar Pendidikan STKIP KUSUMA Negara II, 1-11.

Fatimah, S., & Hidayati, A. N. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Pskilogis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Kasus pada Konsumen Alma Gallery Shop Tulungagun). Jurnal Dikti Ekonomika, 298-314.

Friantini. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6-11.

Galih, M. F. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 126-129.

Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 321-332.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA). Jurnal Pendidikan Dasar, 2580-3611.

Kinesti, R. D. (2023). Penerapan Metode Cooperative Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Belahar Siswa Kelas V pada Pembeljaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 Sidigede Kecamatan Walehan Kabupaten Jepara. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 52-60.

Mahsun. (2013). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyono. (2018). Pemberdayaan Foto Wisata Untuk Peningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD 5 Lau. Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD 5 Lau, 125-131.

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursyaidah. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pedagogik , 70-79.

Pradana, M. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pada LPK Barkoah Kota Bengkulu. Jurnal Ekombis Review, 1-8.

Rachman, R., & Mukminin. (2018). Penerapan Metode Certainty Faktor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 82-90.

Ridlwan, S. d. (2019, Februari 1). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (LKS) BERGAMBAR MENULIS. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7, 108-119.

Ridwanudin, D. (2015). Problem Based Learning (Bahasa Indonesia) . Jakarta: Bumi Aksara.

Safi'i, I., & Yanti, P. G. (2022). Mengidentifikasi Model Pengembangan Instrumen Evaluasi dalam E-Book Buku Teks Bahasa Indonesia. PEMBELAJAR : Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran, 71-79.

Santoso. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Huruf Tegak Bersambung pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Inopendas Jurnal Ilmiah Pendidikan, 65-74.

Santoso. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Huruf Tegak Bersambung pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 65-74.

Sari, Y. (2020). Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 307-461.

Sayekti. (2019, Desember 2). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3, 91-104.

Senggo, E. (2022). Faktor Penyebab Peserta Didik Tidak Disiplin Datang ke Sekolah. Jurnal Ganesis Indonesia (JGI), 28-34.

Simanjuntak. (2004). Hambatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengetahuan, 1-9.

Slamet. (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Lembaga Pengembangan Pendidikan, 23-32.

Slameto. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sulistyani. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Jawa Melalui Diskusi Kelompok Berbantu Kartu Huruf Pada Peserta Didik Kelas VI SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 239-250.

Sulistyawati. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integraftif, 57-72.

Surnaryanti. (2023). Tugas dan Peran Guru dan Proses Peningkatan Belajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 1-8.

Suryaningsih. (2021). Pengaruh Gadget bagi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5347-5354.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Takwaini. (2019). Metode Demonstrasi Menggunakan Media Flashcard untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 225-234.

Tarigan. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Gaya Chicago.

Uno, H. B. (2020). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil

Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 8388-8394.

Warni, S., & Yanti, P. G. (2020). Presepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap Full Day School. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 107-114.

Warsito, W. (2020). Peningkatan Minat Belajar Matematika . Jurnal Sinetik, 12-20.

Yarni, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Prespektif Ilmu Pendidikan, 1-6.

Yusrin. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 1-9.

Zulela. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-07-01