RELEVANSI KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL MERDEKA SEJAK HATI KARYA AHMAD FUADI DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Dewi Sartika Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.18994

Keywords:

Novel, Kritik Sosial, Relevansi, Pembelajaran Sastra.

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan kritik sosial yang terkandung dalam novel Merdeka Sejak Hati serta relevansi kritik sosial yang terdapat dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dengan pembelajaran sastra di SMA. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data penelitian ini adalah kutipan kalimat naratif yang mengandung unsur kritik sosial dari novel Merdeka Sejak Hati. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Triangulasi pemangku kepentingan (stakeholder) diterapkan di dalam penguatan justifikasi relevansi temuan kritik sosial dalam novel dengan pembelajaran di SMA. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini memakai metode dialektika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Novel Merdeka Sejak Hati mengandung kritik sosial yang berkaitan dengan masalah politik, moral, pendidikan, ekonomi, agama, dan keluarga. (2) Kritik sosial yang terkandung dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dapat dikaitkan atau direlevansikan dengan pembelajaran sastra di SMA, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang kelas XI Kurikulum Merdeka Belajar pada fase F elemen membaca dan memirsa pada materi Bab 6: Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan, Sub bab 1: Membaca teks Prosa. Novel Merdeka Sejak Hati memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar, khususnya pada aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang sosial budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kritik sosial yang terkandung dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dan mengkaji relevansi kritik sosial terhadap pembelajaran sastra di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, M. S., & Arifin, Z. (2022). Kritik Sosial dalam Novel Orang-Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma: Tinjauan. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 72-82.

Al-Ma'ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2021). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasinya. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Al-Ma'ruf, A. I. (2007). Pembelajaran Sastra Multikultural di Sekolah: Aplikasi Novel Burung-Burung Rantau. Kajian Linguistik dan Sastra, 19(1), 60-75.

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 1-6.

Sartika, D., Markhamah, M., Sufanti, M., & Al Ma’ruf, A. I. (2023). Kritik Sosial Dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi (Kajian Sosiologi Sastra). SeBaSa, 6(2), 462–476. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.1981

Fuadi, A. (2019). Merdeka Sejak Hati. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hairul, (2024, Mei 22). Kemendikbudristek Dorong Pemanfaatan Karya Sastra dalam Kurikulum Merdeka. Diakses Mei 28, 2024, dari https://koranindopos.com/kemendikbudristek-dorong-pemanfaatan-karya-sastra-dalam-kurikulum-merdeka /

Hamzah, M. R., Mujiwati,Y ., Khamidi, I. M., Usman, M., Usman, M. L., & Abidin, M. Z (2022). Proyek Pelajar Pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Pendidikan , 2(04)-553-559).

Hasmah, R., Masnani, S. W., & Nur, M. (2023). Kritik Sosial Dalam Novel Lan Amuta Suda Karya Jehad Al Rajby. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(3), 1-13.

Kumaeroh, A. N., Baihaqi, I., & Firmadani, F. (2021). Kritik Sosial dalam Novel Kita, Kata, dan Cinta Karya Krisna Pabichara dan Implementasinya pada Pembelajaran sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 32-42

Nabilla, N. Z., & Hikmat, A. (2023). Kritik Sosial dalam Novel La Muli Karya Nunuk Y. Kusmiani dan Implikasi dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia(2), 231.

Nafisa, N. N., Kanzul, N, M., & Roysa, M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 111-124.

Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Metamorfosis, IV (1), 14-27.

Nugraha, D. (2020). Moralitas Keberterimaan Pendidikan Karakter HOTS dan Kelayakan Bahan dalam Pembelajaran Sastra. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 5(2), 76-82.

Pertiwi, Y. I., & Harun, M. (2018). Kritik Sosial dalam Novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 281-293.

Purnamasari, A., Hudiyono, Y., & Rijal, S. (2017). Analisis Sosiologi Sastra Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari. Jurnal ilmu budaya, 1(2), 150.

Puspita, A. C., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2018). Kritik Sosial dan Nilai Moral dalam Novel "Negeri dI Ujung Tanduk" Karya Tere Liye. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 11.

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press(1), 1-29.

Rahmanto, B. (2004). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ramadan, N. L., Agustiani, T., & Setiadi, D. (2022). Kritik Sosial Pada Kumpulan Cerpen Tawa Gadis Padang Sampah Karya Ahmad Tohari. Jurnal Pesona, 8(1), 1-16.

Riama, (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia di Sekolah. Dharmawangsa, 14, 418-427

Riana, R., & Rini, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Seminar Nasional PIBSA ke-42 : peran bahasa dan sastra Indonesia dalam kerangka merdeka belajar pada masa pandemi Covid-19, 294-306.

Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 5(1), 40-50.

Rozani, F. (2017). Kritik Sosial dalam Novel Menunggu Matahari Melbourne Karya Remy Sylado:Tinjauan Sosiologi Sastra Muhammad Ardi Kurniawan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sukirman, & Mirnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402.

Susana, S., Indrawati, I. G., & Sukanadi, N. L. (2021). Analisis struktur fungsional dan nilai sosial budaya dalam novel “suara samudera catatan dari lamalera” karya maria matildis banda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JIPSI), 3(2), 36-55.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, S. R., & Yenni, H. (2023). Kritik Sosial dalam Novel Komsi Komsa karya E.S ITO: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 1-13.

Wurianto, A. B. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Sebagai Manifestasi Dan Reaktualisasi Liberal Arts. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 21.

Downloads

Published

2025-01-31