KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM 5 CERITA BERGAMBAR TERPILIH PADA LAMAN SIBI
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.18821Keywords:
Karakter, Gotong Royong, Cerita Bergambar.Abstract
Melalui sastra, anak-anak belajar tentang berbagai aspek nilai karakter. Salah satu karakter pada dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu gotong-royong. Gotong royong merupakan bentuk solidaritas sosial di mana terdapat bantuan dari pihak lain untuk kepentingan individu maupun bersama yang menunjukkan loyalitas dalam satu kesatuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakter gotong royong yang terkandung dalam 5 cerita bergambar terpilih pada laman SIBI. Penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Teknik simak, catat dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data; dengan kata lain, peneliti menyimak setiap cerita bergambar yang dipilih dan mencatat setiap data yang ditemukan. Judul cerita bergambar yang dipilih yaitu Coba Dulu, Tora!, Putri di Dalam Hutan, Nanti Saja, Sagu Pertama, Maria, dan Seraung untuk Pu’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita terpilih tersebut mengandung nilai-nilai karakter gotong royong yang dapat ditiru oleh pembacanya (anak-anak).Downloads
References
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Aminah, S. (2022). Sastra Pada Anak Usia Dini. 1(1), 242–265.
G.K. Mantra, I.W. Lasmawan, & N.K. Suarni. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangkan Karakter Gotong-Royong Pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156–168. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2162
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2021). Pembelajaran Anak Dala Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1, 137–144.
Hidayah, L. N., Hasjim, N., & Al-Ma’ruf, A. I. (2022). Nilai Karakter Nasionalis dan Gotong Royong dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 453–472. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.359
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28–31. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928
Kurnia Restanti, D. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong Dalam Kelas Multi-Usia Di Slb Negeri 1 Gunungkidul Planting of Royong ’ S Characters in Multi-Age Classes in Slb State 1 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2), 62–72. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/206/129
Mukhlishina, I. (2019). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Cerita Rakyat Pulau Sumatra Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 7(2), 142–150. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/.
Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670
Nurdjannah, Kadir, S., Masdul, M. R. (2018). KERJA SAMA MENUJU RUMAH KEBERADAAN KEAHLIAN DI DESA OTI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Kolaboratif Sains, 1(1), 920–929.
Pardosi, J., Ginting, J. A., Veronica, A., & Siahaan, H. (2021). Marsirimpa as Core Cultural Value to Improve Social Value in Siponjot Village. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 707–713. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v5i2.5421
Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (1st ed.). CV Budi Utama.
Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363
Sisdiknas, Undang-undang. "UU No. 20 tahun 2003." Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, (t.p, 2005), t.h.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.