PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ANEKDOT STRATEGI REVIEWING A FILM SISWA SMAN 1 KALASAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.18769Keywords:
keterampilan menulis, teks anekdot, strategi reviewing a filmAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keterampilan menulis peserta didik. Maka, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot melalui strategi reviewing a film dengan memanfaatkan aplikasi Ibis Paint X. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kalasan kelas X E1 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. dan skor keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Terdapat peningkatan rata-rata nilai sebesar 8,67% dari siklus pertama ke siklus kedua. Proses pembelajaran juga menjadi lebih aktif dengan peningkatan sebesar 11,2%. Peningkatan tersebut tercermin pada perhatian, kerja sama, keaktifan, dan kreativitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Downloads
References
Dihyah, M. (2021). Pengembangan media komik strip menggunakan aplikasi ibis paint x untuk pembelajaran.
Ibis Paint X. (n.d.). Fitur dan Alat dalam Ibis Paint X. Diakses pada 17 Agustus dari https://ibispaint.com/
Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyatni, E. T. (2017). Pengantar Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis sebagai suatu Keterampilan Media Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa
Vitriani, dkk. 2022. Parole. Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X dalam Pembelajaran Menulis Cerpen SMA Kelas XI SMA. 5:1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.