PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI PUISI

  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uah Maspuroh Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar apresiasi puisi. 2). Pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar apresiasi puisi. 3).Pengaruh interaktif antara model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dan minat membaca terhadap hasil belajar apresiasi puisi.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2015 – 2016 dengan jumlah siswa 472 yang terbagi dalam 14 kelas paralel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, 22 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan model  pembelajaran  CTL terhadap hasil belajar apresiasi puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  nilai Sig = 0,000 (< 0.05), maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar apresiasi puisi  pada penerapan model  pembelajaran kontekstual  dan model  pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca  terhadap hasil belajar apresiasi puisi.  Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 (< 0.05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar apresiasi puisi  pada siswa yang memiliki minat baca  tinggi dan rendah.Hasil belajar apresiasi puisi  yang diberi model  pembelajaran kontekstual  pada siswa yang memiliki minat baca  tinggi memiliki nilai rata-rata tertinggi, sedangkan nilai terendah terjadi pada kelompok yang diberi model  pembelajaran konvensional dengan minat baca  rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 14, 2019
How to Cite
PRATIWI, Wienike Dinar; MASPUROH, Uah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI PUISI. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 48-60, aug. 2019. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/1779>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1779.