RANCANGAN STRATEGI PENDIDIKAN BERBAHASA SANTUN DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1778Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan rancangan strategi pendidikan berbahasa santun pada pembelajaran berbicara. Kesantunan dalam kajian ini mengacu pada konsep berbicara dalam Al-Quran, prinsip kerjasama (Grice, 1975), prinsip kesantunan (Leech, 1993) dan konsep pendidikan karakter (Gunawan, 2015). Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif interaktif dengan metode deskriptif analitik. Data diperoleh melalui studi pustaka dan observasi kepada 59 responden yang telah mengikuti perkuliahan keterampilan berbicara di salah satu perguruan tinggi swasta Jawa Barat, Ciamis. Adapun hasilnya yakni, penerapan strategi pendidikan berbahasa santun pada mata kuliah keterampilan berbicara dilakukan melalui tiga fase, yakni (1) komitmen, (2) penerapan dan latihan, (3) kedisiplinan. Ketiga fase tersebut, diperkuat dengan pengkondisian iklim belajar yang santun dan pemilihan bahan ajar yang memiliki nilai kesantunan tinggi. Kata kunci: strategi, pendidikan, santun, berbahasa, berbicara.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.