KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN BAHASA KIAS UNTUK MEMAHAMI PESAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

  • Irfan Hardian Pascasarjana Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik kumpulan puisi Hujan Bulan Juni melalui pendeskripsian penggunaan bahasa kias untuk mengetahui pesan pengarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif-anatiltis, artinya setiap data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil kajian terhadap penggunaan bahasa kias, lima belas puisi Hujan Bulan Juni mempunyai karakteristik yang berbeda, secara keseluruhan bahasa kias yang digunakan yaitu perbandingan (metafora dan personifikasi), pertentangan (oksimoron, klimaks, dan litotes), pertautan (sinekdoke dan erostetis), perulangan jenis majas repetisi dan ungkapan namun terdapat bahasa kias yang dominan dipakai oleh penyair yaitu penggunaan bahasa kias jenis personifikasi. Sedangkan pesan pengarang dalam lima belas puisi tersebut berkaitan dengan kehidupan sosial manusia yaitu ada yang bertemakan cinta, kerinduan, kesedihan, hingga yang bertemakan kematian. Selanjutnya berdasarkan hasil kajian penggunaan bahasa kias untuk mengetahui pesan pengarang, pedoman kriteria penggunaan bahan ajar dan pemikiran guru matapelajaran bahasa indonesia, maka kumpulan  puisi Hujan Bulan Juni dapat digunakan sebagai materi atau bahan ajar karena mengandung nilai-nilai yang baik berdasarkan hasil analisis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 13, 2019
How to Cite
HARDIAN, Irfan. KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN BAHASA KIAS UNTUK MEMAHAMI PESAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 38-47, aug. 2019. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/1777>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1777.