PEMBELAJARAN MENULIS PUISI ANAK BERORIENTASI KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTISENSORI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI RAHAYU 01 KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Adi Rustandi Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1774

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kemampuan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rahayu 01 Kabupaten Bandung, pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV terkait kemampuan menulis puisi anak berorientasi karakter dengan menggunakan model pembelajaran multisensori. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan apakah model multisensori ini dapat digunakan dalam pembelajaran puisi anak berorientasi karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu jenis nonrandomized control group pretest-posttest design. Setelah diberikan perlakuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa siswa kelas IV SDN Rahayu 01 Kabupaten Bandung semester genap mampu menulis puisi anak berorientasi karakter diterima. Nilai prates rata-rata 59,63 dengan nilai konversi 2,39 berada pada kategori nilai Cukup (C), dan nilai rata-rata pascates 78,28 dengan nilai konversi 3,13 berada pada kategori nilai Baik (B). Jadi, adanya peningkatan sebesar 18,65 atau 0,75. Hipotesis model multisensosi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis puisi anak berorientasi karakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Rahayu 01 Kabupaten Bandung, juga dapat diterima. Hasil prates dan pascates pada uji thitung sebesar 21,98 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,04 dengan derajat kebebasan 39. Ini artinya thitung > ttabel. Dari fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-13