NILAI KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL DALAM NOVEL SI ANAK PELANGI KARYA TERE LIYE
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.17592Keywords:
Nilai Karakter, Berkebhinekaan Global, Novel.Abstract
Globalisasi menjadi salah satu faktor penyebab memudarnya nilai moral dan karakter masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter berkebhinekaan global dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kutipan-kutipan kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung nilai karakter kebhinekaan global. Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye merupakan sumber data penelitian ini. Data-data diperoleh dengan menggunakan teknik baca, catat, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber data dan teknik validitas semantis. Analisis data menggunakan teknik analisis isi dan teknik analisis dialektik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Si Anak Pelangi mengandung empat elemen nilai karakter berkebhinekaan global, yang terdiri atas mengenal dan menghargai budaya nasional, komunikasi interkultural dalam berinteraksi antarsesama, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan, dan berkeadilan sosial. Novel Si Anak Pelangi relevan dengan Capaian Pembelajaran (CP) pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN di kelas IV Sekolah Dasar.Downloads
References
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Teori Dan Aplikasi. In Cv. Ae Media Grafika (Vol. 55, Issue 1980).
Arifin, N. N., Mangkuwibawa, H., & Muhammadi, S. I. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dan Relevansinya Terhadap Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5, 64–76.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Buana Pustaka.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229.
Fuadi, K. A., & Anak, N. (2019). Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 9(1), 55–61.
Hidayat, R., & Santosa, P. P. P. (2019). Analisis Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El-Shirazy Ditinjau dari Aspek Sosiologi Sastra. Bahastra, 39(1), 39–48. https://doi.org/10.26555/bahastra.v39i1.12614
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2022). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Tsaqofah, 2(4), 74–84. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469
Junaidi, F., Halimatussakdiah, & Yuda, R. K. (2019). Peran Pembelajaran Sastra dalam Menginternalisasikan Nilai Pendidikan Karakter. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 115–119.
Kahfi, A. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. 138–151.
Liye, T. (2021). Si Anak Pelangi. Depok : PT Saba Grip Nusantara.
Nabila, A. O., & Wulandari, M. D. (2022). Elemen Berkebhinnekaan Global Pada puku Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788–797. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607
Nadhirah, M., & Lufiah, Q. (2024). Proyek Profil Pancasila. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 139–146.
Nurhuda, T. A., Waluyo, H. J., & Suyitno. (2018). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami serta Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 103. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3090
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Rosianti, M., Widayanti, M., & Sugiyanto, Y. (2019). Nilai Sosial dalam Novel “Ayah” Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiologi Sastra. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.475
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778
Sihombing, R. V., Suwandi, S., & Suyitno. (2022). Analysis of the Novel Si Anak Pelangi by Tere Liye in the Study of Social Conflict. International Journal of English Literature and Social Sciences, 7(1), 246–250. https://doi.org/10.22161/ijels.71.33
Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226
Syaidah, S., Handayani, N., & Mirna, W. (2022). Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Senyum Karyamin dan Tawa Gadis Padang Sampah Karya Ahmad Tohari. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 286–296. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7596
Utomo, W. T., & Aini, S. N. (2022). Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Matahari Di Atas Gili Karya Lintang Sugianto. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(3), 147–154. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i3.222
Wibowo, M. A. T., Subiyantoro, S., & Suryandari, K. C. (2022). Defining the Study of Humanistic Personality Psychology of the Main Character of the Novel Si Anak Pelangi by Tere Liye: The Value of Character Education and Its Relevance to Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1411–1418. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1057
Widayati, M. (2017). Foregrounding dalam Kumpulan Cerpen Adam Ma’rifat Ma’rifat Karya Danarto. Stilistika, 3(1), 83–96.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Yudha, W. A., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675–6686.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.