PEMANFAATAN BERITA ONLINE CNBC UNTUK MEMAHAMI STRUKTUR TEKS BERITA SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Berita Online CNBC untuk Memahami Struktur Teks Berita sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.15864Keywords:
news structure, news text, Indonesian language learning.Abstract
Pentingnya otoritas media dan kemampuan membaca yang mendasar di era modernisasi informasi, pemanfaatan berita online dalam pembelajaran bahasa Indonesia telah menjadi kebutuhan yang mendesak. Penyelidikan ini mengeksplorasi analisis struktur berita yang dipublikasikan oleh CNBC Online serta penerapannya sebagai materi pembelajaran teks berita bagi siswa kelas XI SMA. Studi ini berfokus pada identifikasi struktur berita dalam artikel yang diterbitkan pada tanggal 3 April 2024 dan 7 Mei 2024, sedangkan subfokus analisis yaitu kelengkapan struktur berita pada tanggal tersebut dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil kajian mengungkapkan bahwa berita yang disajikan oleh CNBC memiliki struktur lengkap yang mencakup elemen-elemen utama seperti judul, teras berita, tubuh berita, dan penutup. Temuan ini dijadikan contoh dalam pelajaran teks berita di kelas XI SMA kurikulum Merdeka mengintegrasikan hasil penelitian ini ke dalam bahan ajar dalam bentuk handout.Downloads
References
Adnyana, K. S. (2023). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 343–359.
Anggraena, Y. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76.
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai pedoman Penerapan Kurikulum Baru di Sekolah Non Peserta Program Sekolah Penggerak, Pub. L. No. 56 (2022). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3219
Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339–352.
Oktapiani, M. (2019). Perencanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di indonesia. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 71–102.
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476.
Setiyawati, N., Milianti, M., Septiani, U. R., & Titin, T. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170–174.
Syanila, I. (2023). Implementasi kurukulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di sma negeri 5 bandar lampung tahun ajaran 2022/2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.