TINDAK TUTUR GURU SEBAGAI BENTUK INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI I GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

berpikir asertif: Bahasa Daerah

Authors

  • Riadaturrahmi Riadaturrahmi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP
  • Rosita Hasibuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP
  • Afnita Afnita Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1580

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan menyimak. Data yang disimak tersebut diperoleh dari alat bantu rekaman maupun catatan saat penelitian dilakukan. Tuturan guru diklasifikasikan oleh peneliti menjadi tiga bagian, yaitu tuturan saat membuka pelajaran, tuturan saat menyampaikan pelajaran, dan tuturan saat menutup pelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru lebih sering menggunakan tuturan asertif dan  menggunakan bahasa daerah sebagai pengantar pembelajaran.   Kata kunci: tuturan, interaksi, guru, pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-12