PERANAN POLA PENGASUHAN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK

  • Afry Adi Chandra Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berbahasa anak usia 25 bulan dengan anak yang berusia 24 bulan berdasarkan pola pengasuhannya. Subjek penelitian pertama bernama Arshaka Virendra (25 bulan) dan subjek penelitian kedua, yaitu Muhammad Firdan (24 bulan). Keduanya dimasukkan dalam kategori anak usia 2 tahun. Penelitian ini akan meninjau aspek pemerolehan fonologi, morfosintaksis, leksikon, dan pragmatik kedua anak tersebut berdasarkan perbedaan pola pengasuhannya. Pendekatan penelitian yang digunakan mengacu pada teori pemerolehan bahasa anak Indonesia yang disusun oleh Soenjono Dardjowidjojo (2000). Prosedur pengumpulan data diambil simak libat cakap dan wawancara terhadap subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis elemen-elemen fonologi, morfologi, dan sintaktik disesuaikan dengan usia kedua anak tersebut didasarkan pijakan teori Soenjono Dardjowidjojo (2000). Hasil penelitian menunjukkan proses perkembangan bahasa anak dapat dipengaruhi oleh pola pengasuhannya. Pola pengasuhan yang kurang tepat bisa menyebabkan anak mengalami keterlambatan dalam pemerolehan bahasa. Anak yang kurang diajak berkomunikasi/berinteraksi oleh sang pengasuh dapat menyebabkan kemampuan berbahasa anak menjadi lambat perkembangannya.
Kata Kunci: pola pengasuhan, pemerolehan bahasa, dan psikolinguistik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 12, 2019
How to Cite
CHANDRA, Afry Adi. PERANAN POLA PENGASUHAN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 75-83, aug. 2019. ISSN 2549-2594. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/1288>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1288.