PENGGALIAN IDE MALALUI PENGEMBANGAN BERFIKIR KRITIS BERDASARKAN GAMBAR BERTEMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

Authors

  • Hari Sunaryo FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Eggy Fajar Andalas FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggalian ide dalam proses penulisan cerita pendek dengan menggunakan media gambar bertema. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA II SMAN 9 Malang berjumlah 31 siswa, dengan rincian 12 siswa perempuan, 29 siswa laki-laki, dan guru. Sumber data penelitian tindakan kelas ini meliputi 1) peristiwa pembelajaran menulis cerita pendek, 2) narasumber, dan 3) dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis, yaitu teknik analisis yang bermaksud mengungkap kekurangan dan kelebihan kinerja siswa selama proses pembelajaran dilakukan. Analisis kritis dilakukan terhadap aspek 1) ide sesuai tema tugas, 2) ide bersifat baru, 3) ide cerita kontekstual, dan 4) ide cerita aktual. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peningkatan kriterita ketuntatasan minimal (KKM) sebesar 25,8% dari sebelumnya 38,7% pada pra-tindakan. Melalui penerapan pada siklus II diperoleh hasil peningkatan pada kualitas proses pembelajaran dan hasil. Nilai yang diperoleh pada siklus ini meningkat menjadi 83,8% dan nilai ini sudah melampaui KKM dan ketuntasan klasikal mencapai 75%. Kata Kunci: penggalian ide; pengembangan berpikir kritis; gambar bertema; pembeajaran; menulis cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-12