PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD

Authors

  • Dheni Harmaen FKIP Universitas Pasundan
  • Taufiqulloh Dahlan FKIP Universitas Pasundan
  • Siti Maryam Rohimah FKIP Universitas Pasundan
  • Utamy Nurqodariyah FKIP Unpas

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11791

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pengumpulan dan penyajian data. Kemampuan pemahaman konsep matematis belum tercapai sesuai dengan harapan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan perbedaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 0,915 dengan interpretasi dalam kategori besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. S. (2016). Analisis Kualitas dan Nilai Karakter Butir Soal Ulangan Akhir Semester Kelas VII MTs NU Ungaran. Journal of Arabic Learning and Teaching, 5(1), 28–32.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar

Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.1

Kurino, Y. D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman

Matematis Siswa Pada

Implementation of Problem Based Learning Models To Improve Students Mathematical Understanding of. Jurnal THEOREMS (The Original

Research of Mathematics), 5(1), 86–92.

Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah

Dasar, 4(1), 86.

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.2

Mulyati, & Puspitasari, D. R. (2020). Penerapan Model Problem Based

Learning Berbantuan Media

Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 170–180.

Novalia, D. spk. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning

(Pbl) Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Dua Koto Pasaman.

Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No.(Seri

https://doi.org/10.33592/perspektif. v3i2.1540

Untari, D. T. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Purwokerto:

CV. Pena Persada.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif.

Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.

Yanti, N., Sofiyan, Ramadhani, D., & Putra, dan A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun

Pelajaran 2019/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika.

Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26.

https://doi.org/10.31537/laplace.v3i

A), 110–117.

Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal

Downloads

Published

2024-01-13