POLA KALIMAT TRANSFORMASI TUNGGAL MAHASISWA BIPA TINGKAT PEMULA UMM
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i2.11755Abstract
This study aims at describing single transformation of sentences pattern in the Indonesian language writing of Indonesian Language for Foreign Speakers (BIP A) University of Muhammadiyah Malang (UMM) students. The data of this research are in the form of sentences of BIPA UMM students. The results show, single transformation of sentences pattern in the Indonesian language writing of BIPA UMM students divided to addition and subtraction pattern. In the addition pattern, there are four patterns listed: negation word, aspect word, continuation word, and hope word. In the subtraction pattern, there is one pattern which is marked by a dissipation. Keywords: transformation of sentences; sentence pattern; Indonesian Language for Foreign SpeakersDownloads
References
Akbar, R. dan B. D. H. 2019. Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia BIPA 2. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.
Ashlihah, I. 2020. Jenis Kalimat dalam Karangan Siswa BIPA Kelas IV Matayum Muslim Santitham Foundation School. Universitas Negeri Malang.
Dewi, R. 2019. Transformasi Generatif Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal KIP, VIII(1), 13–20.
Ellis, R. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford University Press.
Hasan, N. 2019. Kalimat dalam Karangan Pelajar BIPA Tingkat Atas Asal Amerika Serikat. Universitas Negeri Malang.
Isnaini, M. 2015a. Kalimat dalam Karangan Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing Tingkat Pemula Program Darmasiswa di BIPA UMM Tahun 2013. Universitas Negeri Malang.
Isnaini, M. 2015b. Struktur Kalimat Tunggal dalam Karangan Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing Tingkat Pemula di BIPA UMM. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 43–55.
Morsey, R. J. 1976. Improving English Instruction. Rand Mc. Nally College Publishing Company.
Nirmalasari, Y. 2018. Pola Kalimat Bahasa Indonesia Tulis Pembelajar BIPA Tingkat Pemula Asal Tiongkok di Universitas Ma Chung Tahun 2018. KLAUSA: Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra, 2(1), 41–50.
Nirmalasari, Y., Ghazali, A. S., & Susanto, G. 2018. Pemerolehan Kata Pemelajar BIPA UM Ditinjau dari Segi Sintagmatik dan Paradigmatik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 82–99. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Nur’aeni, I. 2019. Kompetensi Sintaksis Bahasa Indonesia Lisan Siswa Kelas 8 SMPN 1 Palu. Universitas Negeri Malang.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 . 2017. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rosyida, D. N. 2021. Kalimat Pasif Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Asing Level Pemula Asal Amerika di Universitas Negeri Malang Tahun 2019. Universitas Negeri Malang.
Samsuri, S. 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Sastra Hudaya.
Suyitno, I., Pratiwi, Y., Roekhan, & Martutik. 2019. How prior knowledge, prospect, and learning behaviour determine learning outcomes of BIPA students? Cakrawala Pendidikan, 38(3), 499–510. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27045
Taweekayujan, T. 2017. Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Thailand Program Darmasiswa di Kota Malang Tahun 2016. Universitas Negeri Malang.
Utari, S. A., A. M., R. S., dan A. F. 2019. Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia: Berbahasa Indonesia di Jakarta BIPA I. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.