PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DI ERA NEW NORMAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF PADA SISWA SMP

Authors

  • Nurhayati Universitas Al Washliyah Medan
  • Lailan Syafira Putri Lubis Universitas Al Washliyah Medan
  • Diah Kusyani Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10564

Keywords:

effectiveness, bamboozle, folklore text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif pada siswa SMP Negeri 1 Delitua. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Delitua yang diambil dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan menulis teks cerita inspiratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan tes tulis. Setelah data soal diperoleh dilakukan uji instrumen penelitian dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode field trip  di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata 76,69 di mana lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata 51,97 dengan hasil  = 0,200 dan  = 0,05. Adanya pengaruh metode field trip  di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif dari  = 1,670 dan  0,338 dengan nilai homogenitas sebesar 0,038 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional.

Angin, T.B.B. 2020. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan. Jurnal Education And Development, 8(1).

Arifa. F. N. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(6). http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/InfoSingkat-XII-7-I-P3DIApril2020-1953.pdf

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Colombano, E., & Semi, G. 2007. Multiculturalismo quotidiano. Le pratiche della differenza (Vol. 37). Franco Angeli.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. 2017. Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Erwin, Widiasworo. 2017. Starategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V, Srikonita, R., Isnaini, L., Kholisoh, S., Sunardiyah, M. A., & Hikmah, N. 2022. Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=znl5EAAAQBAJ

Kosasih dan Kurniawan. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan ada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. 2(1), 67–76.

Marini, N., Tansliova, L., & Resmi, R. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 103-109.

Mubarak, Mukhammad Ilham. 2018. Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 3, hal. 143- 154.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239-2240. https://journal.unnes.ac.id>article>view.

Simanjuntak, F. P., & Sitohang, T. 2019. Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan. Journal of Language, Literature and Teaching, 1(2), 107-116.

Susanto, D., Baehaki, I., & Juhana, F. N. U. 2021. Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(3), 486-496.

Downloads

Published

2024-01-13