KOMUNIKASI ORGANISASI WALHI JABAR DALAM GERAKAN SOSIAL SAVE BABAKAN SILIWANGI

Authors

  • Arie Prasetio, Zahrotul Oktaviani, Ira Dwi Mayangsari Universitas Telkom

Keywords:

gerakan sosial, komunikasi organisasi, babakan siliwangi, WALHI JABAR

Abstract

Abstrak Dalam suatu gerakan sosial, komunikasi dibutuhkan untuk menjembatani antara komunikator dan target kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai strategi yang ditentukan oleh WALHI JABAR. Adapun strategi yang ingin diketahui oleh peneliti, diantaranya terkait dengan cara WALHI JABAR memilih komunikator untuk setiap kegiatan yang dibentuk, penentuan target penerima pesan dari kasus tersebut, bentuk penyampaian pesan serta pemilihan medianya, selain itu apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan dan gerakan sosial yang dijalankan oleh WALHI JABAR tersebut. Keempat fokus penelitian tersebut oleh peneliti didasarkan pada elemen dasar komunikasi yang dikemukakan oleh Harold Laswell. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 7 (tujuh) orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam menentukan komunikator ditentukan berdasarkan musyawarah dengan melihat berbagai faktor seperti pendidikan, pengalaman, popularitas, dan pendekatan dengan masyarakat, untuk target penerima pesan gerakan ini ditujukan kepada pemerintah dan masyarakat, pesan yang disampaikan berbentuk tidak hanya teks namun juga gambar dan orasi (lisan) dan bersifat informatif, ajakan, dan dan edukasi, pesan-pesan tersebut kemudian disebarkan dengan menggunakan berbagai media seperti media sosial, online, dan media kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arie Prasetio, Zahrotul Oktaviani, Ira Dwi Mayangsari, Universitas Telkom

Universitas Telkom

References

Daftar Pustaka

Bungin, M.Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana Jakarta.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan Strategi Komunikasi edisi Revisi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada cangara 2014

Darajati, Zamrud Kondang. 2012. Jurnal : Gerakan Sosial Mahasiswa Komunikasi FISIP Universitas Airlangga Pada Ruang Publik Facebook. Surabaya : Universitas Airlangga

Fakih, Mansour. 1996, Analisa Gender & Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial: perspektif klasik, modern, posmodern, dan poskolonial edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers.

Morissann. 2014. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenamedia Group.

Sobur, Alex. (2013). Filsafat Komunikasi; Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: Rosda.

Jurnal

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. ISSN 1410-4946. Volume 10, Nomor 1, Tuli 2006 a- 34). Gerakan Sosial Baru di Indonesia: Repertoar Gerakan Petani. Suharko. (https://jurnal.ugm.ac.id)

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 12, No 1 (2008): Dinamika Gagasan Reforma Agraria dan Gerakan Sosial di Indonesia Pasca 1998 · Aprianto, Tri Chandra ( Universitas Jember). (id.portalgaruda.org)

Jurnal. GERAKAN SOSIAL MASYARAKAT PEGUNUNGAN KENDENG UTARA MELAWAN. PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN DI KABUPATEN REMBANG1. Ahmad Sufyan. 071114031. (journal.unair.ac.id)

Jurnal Sosiologi MASYARAKAT, Vol. 19, No. 1, Januari 2014: 27-56. : Gerakan Sosial dalam Aksi Penyelenggaraan Sekolah untuk Anak Miskin. Penulis: Abdi Rahmat. Dipublikasikan oleh: Pusat Kajian Sosiologi, LabSosio FISIP-UI. (journal.ui.ac.id)

Downloads

Published

2018-03-28