PERAN SHOW DIRECTOR PADA PRODUKSI ACARA SIARAN LANGSUNG “KONSER RAYA 25 TAHUN INDOSIAR LUAR BIASA”

  • Rusman Latief Akademi Televisi Indonesia (ATVI)
  • Novrian Novrian Universitas Tama Jagakarsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Show Director (Showdir)  dalam proses produksi  siaran langsung  “Konser Raya 25 Tahun Indosiar Luar Biasa” pada tahun 2020. Hal ini disebabkan, karena secara umum produksi program televisi tidak melibatkan Show Director dalam proses produksi. Biasanya,  cukup melibatkan  Floor Director (FD). Namun dalam produksi konser tersebut, selain melibatkan  Floor Director juga melibatkan Show Director. Juga bertujuan untuk mengetahui klasifikasi  Show Director dalam konser  tersebut. karena untuk menjadi seorang Show Director, harus orang yang memiliki mengetahuan  teknis dan nonteknis serta pengalaman  dalam produksi siaran televisi. Juga untuk mengetahui kegiatan  apa saja yang dilakukannya selama proses produksi .
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat pada; (1) aspek teoritis;  untuk menjadi bahan rujukan pada pengembangan ilmu komunikasi, pada bidang penyiaran, khususnya dalam proses produksi acara televisi regular maupun special program yang melibatkan Show Director dalam produksinya. (2) aspek praktis; hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengetahuan bagi  kerabat kerja produksi program televisi, agar dapat bekerja secara  praktis, efisien, dan kreatif  dalam usaha menghasil program yang bermanfaat untuk masyarakat, dan  (3) aspek akademis; diharapkan dapat menambah aspek keilmuan dalam bidang penyiaran dan memberikan sumbangan pengetahuan kepada pengembangan ilmu terapan dalam kreativitas, manajemen, dan teknologi dalam produksi program televisi yang melibatkan banyak pengisi acara dan kru produksi pada program siaran pertunjukan variety show  yang menghibur, megah dan spektakuler.
 
Show Director – Produksi Program – Konser Raya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2021
How to Cite
LATIEF, Rusman; NOVRIAN, Novrian. PERAN SHOW DIRECTOR PADA PRODUKSI ACARA SIARAN LANGSUNG “KONSER RAYA 25 TAHUN INDOSIAR LUAR BIASA”. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 233 - 247, july 2021. ISSN 2614-0381. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/3859>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/linimasa.v4i2.3859.
Section
Articles