SITUASI KOMUNIKASI PADA GERAKAN DAKWAH SHIFT

Authors

  • Yogi Muhammad Yusuf
  • Charisma Asri Fitrananda Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v4i1.3635

Keywords:

Dakwah, Situasi Komunikasi, Shift

Abstract

Shift sebagai organisasi dakwah telah menjalankan komunikasi dakwah yang berbeda khususnya dalam pembentukan situasi komunikasi dakwah bagi pemuda. Penggunan media sosial dalam pembentukan situasi menjadikan komunikasi dakwah Shift sebagai salah satu pembaharu model dakwah dengan memadukan subtansi dakwah dengan media dakwah yang tentunya menarik untuk diteliti. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis situasi komunikasi dakwah Shift pada jamaah. Sedangkan metode yang digunakan dalam peneltiian ini adalah etnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Shift dalam melakukan komunikasi dakwah begitu berusaha membentuk situasi dakwah yang sesuai dengan karakteristik pemuda. Setelah situasi terbentuk, Shift lebih mudah mengontrol pesan dakwah melalui kalimat yang jamak digunakan pemuda sehingga fantasi-fantasi kalimat dakwah yang dikatakan Ustadz dapat diresapi oleh para jamaah. Adapun pola pembentukan situasi melalui fantasi pesan tetap memperhitungkan subtansi nilai Islam khususnya dalam rangka menguatkan istiqomah atau setidaknya pemuda mau mencoba untuk berhijrah.   Kata Kunci: Dakwah, Situasi Komunikasi, Shift

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram W. dan Kumar R, 2017. A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society, International Journal of Computer Sciences and Engineering, Vol.5, (10).

Choliq, Abdul, 2015. Dakwah Melalui Media Sosial Facebook. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 16, No 2.

Kuswara Nanang, 2020. Simply Paradigm of Da’wah Character In Facing Neurotechnology Era. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol 1 No. 01.

Nashrillah, MG. 2018. Aktualisasi Dakwah Dai Millennial Di Ruang Maya: Perspektif Etika Dakwah Dengan Studi Kasus Di Kota Medan, Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 18. No. 1.

Nassar A. Islam, Jamal A. Hayajneh dan Mahmoud Almsafir, 2013. Relation between Social Network and Da’wah to Islam A Case Study On Jordanian Students, International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, Vol. 1, Issue 1.

Downloads

Published

2021-01-28