PENGUATAN MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGOPTIMALKAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PT. TELKOM INDONESIA Tbk. DIVREG 3 JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/linimasa.v4i1.3485Keywords:
Manajemen, Komunikasi Organisasi, Motivasi Kinerja PegawaiAbstract
Komunikasi memegang peran penting dalam sebuah perusahaan. Komunikasi sangat penting dalam menjalin hubungan kerjasama antara manusia yang terlibat dalam sebuah perusahaan dan mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pencapaian sebuah perusahaan. Hasil studi pendahuluan pada pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT yaitu kurangnya motivasi kerja pegawai dan kurangnya manajemen komunikasi organisasi terhadap pegawai. Hal ini ditandai dengan masih ada pegawai yang datang terlambat, kurangnya motivasi dalam bekerja, adanya miss communication antara pimpinan/manajer dengan pegawai. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Hasil penelitian yaitu (1) Penguatan manajemen komunikasi organisasi di PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT yaitu Pembuatan keputusan bersama, Kejujuran, Keterbukaan komunikasi ke bawah, Mendengarkan dalam komunikasi keatas, Kepuasan komunikasi, Cukup informasi, Perhatian pada kinerja, Kemampuan menyarankan kebaikan, Pegawai selalu menerima saran, data dan hasil kegiatan unit usaha, Efisiensi komunikasi, Kualitas media komunikasi dan Cara rekan sejawat komunikasi. (2) Mengoptimalkan motivasi kinerja pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT dilakukan dengan cara Memberikan reward bagi karyawan berprestasi, Mempererat kekeluargaan sesama pegawai, Kenali kekurangan dan kelebihan masing-masing karyawan, Memberikan training pegawai secara rutin dan berkala. (3) Arah manajemen komunikasi organisasi pada pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT merupakan faktor yang sangat penting dalam rangka mengubah perilaku anggota di dalam organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi secara optimal, serta pada hakekatnya komunikasi organisasi merupakan upaya manajer dalam mengkomunikasikan tujuan organisasi kepada anggotanya atau orang lain yang menyangkut kegiatan organisasi. Dengan demikian komunikasi organisasi menjadi sangat urgen dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi.Downloads
References
Daryanto, 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung : Percetakan Satu Nusa.
Dimyati & Mudjiono, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Sedarmayanti.2013.Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.
Sudarmanto, 2010, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM : Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.