PENGUATAN MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGOPTIMALKAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PT. TELKOM INDONESIA Tbk. DIVREG 3 JAWA BARAT

Authors

  • Resty Ismawanti Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v4i1.3485

Keywords:

Manajemen, Komunikasi Organisasi, Motivasi Kinerja Pegawai

Abstract

Komunikasi memegang peran penting dalam sebuah perusahaan. Komunikasi sangat penting dalam menjalin hubungan kerjasama antara manusia yang terlibat dalam sebuah perusahaan dan mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pencapaian sebuah perusahaan. Hasil studi pendahuluan pada pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT yaitu kurangnya motivasi kerja pegawai dan kurangnya manajemen komunikasi organisasi terhadap pegawai. Hal ini ditandai dengan masih ada pegawai yang datang terlambat, kurangnya motivasi dalam bekerja, adanya miss communication antara pimpinan/manajer dengan pegawai. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Hasil penelitian yaitu (1) Penguatan manajemen komunikasi organisasi di PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT yaitu Pembuatan keputusan bersama, Kejujuran, Keterbukaan komunikasi ke bawah, Mendengarkan dalam komunikasi keatas, Kepuasan komunikasi, Cukup informasi, Perhatian pada kinerja, Kemampuan menyarankan kebaikan, Pegawai selalu  menerima  saran,  data dan   hasil   kegiatan   unit   usaha, Efisiensi komunikasi, Kualitas media komunikasi dan Cara rekan sejawat komunikasi. (2) Mengoptimalkan motivasi kinerja pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT dilakukan dengan cara Memberikan reward bagi karyawan berprestasi, Mempererat kekeluargaan sesama pegawai, Kenali kekurangan dan kelebihan masing-masing karyawan, Memberikan training pegawai secara rutin dan berkala. (3) Arah manajemen komunikasi organisasi pada pegawai PT TELKOM INDONESIA Tbk DIVREG 3 JAWA BARAT merupakan faktor yang sangat penting dalam rangka mengubah  perilaku  anggota  di  dalam  organisasi  untuk  tercapainya  tujuan organisasi   secara   optimal,  serta   pada   hakekatnya   komunikasi   organisasi merupakan   upaya   manajer   dalam   mengkomunikasikan   tujuan   organisasi kepada  anggotanya  atau  orang  lain  yang  menyangkut  kegiatan  organisasi. Dengan   demikian   komunikasi   organisasi   menjadi   sangat urgen   dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung : Percetakan Satu Nusa.

Dimyati & Mudjiono, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Sedarmayanti.2013.Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.

Sudarmanto, 2010, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM : Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-01-28