Strategi Word Of Mouth Pada Program Emina Girl Gang Ambassador

  • Sonia Dewi, Itca Istia Wahyuni Telkom University

Abstract

PT Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik di Indonesia yang membawahi beberapa merek salah satunya Emina Cosmetics. Untuk meningkatkan customer engagement, Emina Cosmetics membentuk sebuah beauty community yaitu Emina Girl Gang Ambassador yang banyak melakukan kegiatan yang diunggah pada sosial media Instagram. Hal  ini  akan  mendorong  terjadinya  Word  of  Mouth. Di dalam word of mouth terdapat elemen-elemen yang mendukung strategi word of  mouth itu sendiri. Elemen-elemen tersebut yaitu 5T’s yang terdiri dari: Talkers, Topics, Tools, Taking part, dan Tracking. Penelitian ini menjelaskan Strategi Elemen Word Of Mouth 5T’s  pada Emina Cosmetics melalui Program Emina Girl Gang Ambassador dalam deningkatkan Customer Engagement. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Emina Cosmetics menggunakan para anggota Emina Girl Gang Ambassador yang telah dipilih sebagai Talkers. Topics utama yang disusun yaitu campaign. Tools yang banyak digunakan yaitu fitur Instagram Post dan Instagram Story. Taking Part yang diterapkan melalui Emina Girl Gang Ambassador Penggunaan hashtag tertentu dan mengajak audiens terlibat langsung pada aktivitas yang dilakukan Emina Girl Gang Ambassador. Emina Cosmetics menggunakan tiga cara pada tahap Tracking, yaitu melacak dengan cara manual, melihat feedback yang didapatkan dan menerapkan point system pada Emina Girl Gang Ambassador. Dapat disimpulkan bahwa Emina Cosmetics cukup berhasil dalam meningkatkan customer enggagement dengan elemen-elemen word of mouth yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 28, 2020
How to Cite
ITCA ISTIA WAHYUNI, Sonia Dewi,. Strategi Word Of Mouth Pada Program Emina Girl Gang Ambassador. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 57-80, jan. 2020. ISSN 2614-0381. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2151>. Date accessed: 23 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/linimasa.v3i1.2151.
Section
Articles