Komodifikasi Kata “Halal” Pada Iklan Hijab Zoya
Analisis Semiotika Sosial Van Leeuwen
DOI:
https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i2.1687Keywords:
Komodifikasi, Iklan, Halal, Semiotika Sosial Theo Van LeeuwenAbstractAbstract
ABSTRAK Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, selama ini Indonesia memberikan sertifikat halal untuk berbagai macam jenis produk yang diperjualbelikan sebagai jaminan agar masyarakat bisa menjalankan agamanya dengan tenang. Namun seritfikasi halal cenderung dimanfaatkan media untuk mengkomodifikasikan nilai agama demi keuntungan semata. Fenomena ini muncul dalam iklan hijab Zoya versi Cantik Nyaman Halal yang mengkomodifikasikan nilai agama berupa kata halal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam wacana yang digunakan untuk mengkomodifikasikan kata halal pada iklan; bagaimana komodifikasi kata halal ditampilkan pada struktur iklan; bagimana gaya penyampaian iklan yang digunakan untuk mengkomodifikasikan kata halal pada iklan; dan jenis dan tingkat modalitas yang digunakan untuk mengkomodifikasikan kata halal pada iklan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Analisis data yang digunakan adalah semiotika sosial Theo Van Leeuwen dengan menggunakan empat dimensi analisis yaitu discourse, genre, style, dan modality. Dari hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: iklan Zoya mengkomodifikasikan nilai agama melalui wacana tentang hijab halal sebagai karakteristik utama dan terpenting, iklan Zoya mengkomodifikasikan nilai agama yaitu kata halal bagian badan iklan dan penutup, iklan Zoya merepresentasikan gaya hidup religius yang modern dengan penyampaian gaya iklan yang santai dan realistis, dan iklan Zoya mempunyai jenis modalitas epistemik dengan tingkatan medium dan jenis deontik dengan tingkatan tinggi. Kata kunci: Komodifikasi, Iklan, Halal, Semiotika Sosial Theo Van LeeuwenAbstractDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qaradhawi, Y. (2017). Tuntas Memahami Halal dan Haram. Jakarta: Serambi Baru.
Alwi, H. (1992). Modalitas Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kanisius.
Danesi, M. (2004). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Day, M. (2004). Buku Pinter Televisi Indahnya Kotak Sabun: Perjalanan Televisian Dunia dan Kita. Jakarta: Trilogos Library
Halim, S. (2012). Postkomodifikasi Media & Cultural Studies. Tangerang: Matahati Production.
Ibrahim, I.S. & Akhmad, B.A. (2014). Komunikasi & Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Pustaka Obor.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Leeuwen, T.V. (2005). Introducing Social Semiotics. New York: Routledge
Lubis, A.Y. (2015). Pemikiran Kritis Kontemporer: Dari Teori Kritis, Culture Studies, Feminisme, Postkolonial Hingga Multikulturalisme. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mahadian, A.B. (2013). Representasi Etnis Cina Dalam Stand Up Comedy. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Prosedur Sertifikasi Halal MUI. http://www.halalmui.org/mui14/ - index.php/main/go_to_section/56/1362/page/1, diakses pada 10 Oktober 2017