Perancangan Materi Edukasi Visual Pola Konsumsi Sehat Kopi
DOI:
https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i2.1686Keywords:
Edukasi, kopi, kesehatan, disain komunikasi visual.Abstract
ABSTRAK Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dan ternyata kopi mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara baik dan benar, namun masyarakat Indonesia belum sepenuhnya teredukasi mengenai cara minum kopi yang baik dan benar. Sehingga diperlukan materi edukasi visual yang efektif dan mampu meliputi semua tentang konsumsi kopi secara sehat serta manfaat dan dampak kopi untuk kesehatan. Dalam mendisain menggunakan proses disain komunikasi visual yang terdapat 9 langkah, yaitu riset, analisis, sintesis, karakteristik, strategi komunikasi, value-added, pemilihan media, visualisasi, dan produksi. Dengan materi edukasi visual pola konsumsi sehat kopi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atau penikmat kopi agar menyadari pada pola konsumsi kopi secara sehat, Kata kunci: Edukasi, kopi, kesehatan, disain komunikasi visual.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Farkas, B. A., (2013). Elements of an Effective Process for Developing Food Truck Policies for North Carolina Local Governments. University of North Carolina. United States: North Carolina.
Ilmunesia. (2017, August 7). Apa itu Flat Design? – Ilmunesia. Retrieved June 26, 2019, from http://ilmunesia.com/apa-itu-flat-design/
Mardana, A., (2016, Oktober 28). Kartini :
Ketika Minum Kopi Jadi Tren Gaya Hidup Kaum Urban. Diperoleh dari website: http://majalahkartini.co.id/berita/serba serbi/ketika-minum-kopi-jaditren- gaya-hidup-kaum-urban/
Kusrianto, A., (2007). Pengantar Desain
Komunikasi Visual. Yogyakarta: AndiYogyakarta.
Palupi, H. D., (2017). Penerapan Strategi
Bauran Pemasaran Usaha Foodtruck di Chip Chop Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Rainer, D., (2017, Juni 2). Pengertian
Merchandise Fungsi, Jenis, Contoh Lengkap. Diperoleh dari website: http://www.spengetahuan.com/2017/06/pengertian-merchandisefungsi- jenis-contoh-lengkap.html
Savanayong, Y., (2006). Desain Komunikasi
Visual Terpadu. Jakarta: Arte Media.
Shimp,T. A., (2003). Periklanan Promosi &
Aspek Tambahan Komunikasi PemasaranTerpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.
Yuliandri, M. T., (2015, November 10). Otten Coffee : 4 Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Biji Kopi. Diperoleh dari website: https://majalah.ottencoffee.co.id/4-hal-yang-perlu-diperhatikansebelum-
membeli-biji-kopi/