DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KELURAHAN KELAPA DUA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.8803Keywords:
: Kinerja, Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Kepuasan KerjaAbstract
Penelitian ini adalah guna mengetahui dampak dari gaya kepemimpinan, komitmen organiasasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Jenis penelitian Asosisatif, lokasi penelitian pada Dinas Sosial Kelurahan Kelapa Dua Tangerang, teknik sampel adalah accidental sampling berdasarkan covenience dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang pegawai. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Kuesioner yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriftif dan kemudian dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa kinerja pegawai tergolong sangat tinggi. Sementara gaya kepemimpinan tergolong tinggi, komitmen organisasi dan kepuasan kerja sama- sama tergolong tinggi. Hasil pengujian hipotesis penelitian menujukkan baik secara simultan maupun secara parsial bahwa gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Sosial Kelurahan Kelapa Dua Tangerang. Organsiasi perlu meningkatkan efektivitas pemimpin melalui pelatihan kepemimpinan secara berkala yang melibatkan pimpinan di level menengah. Selain itu, perlu mempertimbangkan peningkatan komitmen untuk menjaga kinerja yang berkelanjutan dari pegawaiDownloads
References
Anwar, M. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 131-142.
Arifin, M. (2017). The Effect of Principal’s Leadership Style towards the Quality of Student Learning in International Baccalaureate School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 97, 65-68. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.15
Dita, S. F., Siahaan, M. A. S., & Wicaksono, A. (2021). The Role of School Leadership in Enhancing Teacher Competency at International Baccalaureate Schools in Indonesia. Journal of International Education and Leadership, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.5281/zenodo.4552923
Leithwood, K., Seashore Louis, K., Anderson, S., & Wahlstrom, K. (2004). How Leadership Influences Student Learning. New York: The Wallace Foundation. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED484512.pdf
Munir, R. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 6(1), 48-56.
Nguyen, T. H. T. (2018). The Impact of Principal Leadership on Teacher Motivation and Performance: Evidence from Vietnam. Journal of Research in Educational Sciences, 3(3), 1-13. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20180202.11
Nist, S. L. (2013). International Baccalaureate (IB) teachers’ perceptions of professional development. Journal of International Education Research, 9(4), 331-340.
Nurdin, M. (2021). Peran dan Upaya Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(1), 1-10. https://doi.org/10.24832/jpnk.v27i1.1356
Nursyamsiah. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 725-734.
Primahardani, I., Futra, D., & Putra, R. A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa di Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Riau. Tunjuk Ajar Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 26. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.26-42
Purwanto, A., Asbari, M., & Susilo, H. (2018). Supervisi dan Umpan Balik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 552-558.
Rosmawati, A., & Abdullah, A. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.26740/jpeb.v9n1.p001-010
Rustiana, A. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 59-70.
Wibowo, A. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 3(2), 108-116.
Widodo, A., & Sumarno, S. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru melalui Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 186-195.
Yulianto, B. (2018). The Effectiveness of Principal’s Leadership towards the Teacher Performance and Student Learning in IB World School in Semarang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(2), 1-9. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/administrasi-pendidikan/article/view/20602/10094.