KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM MENGATASI ANCAMAN ETNOSENTRIS AKIBAT DARI PEMEKARAN WILAYAH

Authors

  • Didik Iskandar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Syaripudin Universitas Islam Negeri Banten, Banten, Indonesia
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.8377

Keywords:

Kebijakan Pendidikan, Pemekaran wilayah, Etnosentrisme

Abstract

Pemekaran daerah dilakukan lebih banyak karena kepentingan politik. Persinggungan etnik dengan kekuasaan kerap terjadi akibat pemekaran wilayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Urgensi kebijakan public terhadap Pendidikan berkrakter dalam mengatasi ancaman etnosentris akibat dari pemekaran wilayah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan berkarakter di Wilayah Pemekaran sangat penting untuk mengurai berbagai problem yang mengiringi pelaksanaan pemekaran wilayah yang syarat politik dan berpotensi konflik. Kebijakan pendidikan multikultural, diharapkan adanya kekenyalan dan kelenturan mental bangsa menghadapi benturan konflik sosial, sehingga persatuan bangsa tidak mudah patah dan retak. Ppendidikan multikultural menjadi sangat strategis untuk dapat mengelola kemajemukan secara kreatif, sehingga konflik dan kekerasan sosial yang bernuansa agama yang muncul sebagai dampak dari transformasi dan reformasi sosial dapat dikelola secara cerdas dan menjadi bagian dari pencerahan kehidupan bangsa ke depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, S. (2016). Penyelesaian Sengketa Batas Daerah Menggunakan Pendekatan Regulasi. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 23(3), 439–460.

Asnani, A., Mislia, M., & Susiana, S. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja. Jurnal Mappesona.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Fikri, S. H., Raman, W., Rangga, W., & Laila, E. (2023). Urgensi pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi : analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter Pendahuluan. 01(01), 45–56.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam Sebagai Bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86–96.

Hamri, E., Putri, E. I. K., Siregar, H. J., & Bratakusumah, D. S. (2016). Kebijakan Pemekaran Wilayah Dan Pengembangan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(1), 111. https://doi.org/10.22212/jekp.v7i1.412

Irianto, A. M. (2021). Integrasi Nasional Sebagai Penangkal Etnosentrisme Di Indonesia. Jurnal Pendikan, 18(1), 1–7.

Kambo, G. A. (2015). Etnisitas dalam Otonomi Daerah. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(1), 1–8.

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606

Nurany, A. L. D., Rosyid, M. A., Putri, C. J., Juwanti, A. E., & Ramadhan, N. F. (2021). Konsep Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Islam. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 210–224.

Omeri, N. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suraya, S. (2017). Mempertahankan Integrasi Nasional Dengan Komunikasi Antar Budaya. Sociae Polites, 15(1), 37–56. https://doi.org/10.33541/sp.v15i1.439

Syahputra, M. A. D. (2020). Peranan Pendidikan IPS dalam Pencegahan Konflik Melalui Pendidikan Perdamaian. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3036

Syahputra, M. C., & Maida, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter: Dari Kebijakan Publik Untuk Kebajikan Publik. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 17(1), 25–39. https://doi.org/10.24042/tps.v17i1.9611

Syamsudin, A. (2012). Pengembangan Nilai Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 1).

Downloads

Published

2024-06-30