INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SISTEM PELAYANAN IZIN TERBUKA ELEKTRONIK (SIPEKA) DI DPMPTSP PROVINSI BANTEN

Authors

  • Sylvia Maulani Universitas Padjadjaran
  • Tomi Setiawan Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i1.6177

Keywords:

SIPEKA, Public Service Innovation, Digitalization, Inovasi, Pelayanan Publik, e-Government, dan Digitalisasi.

Abstract

Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten melakukan sebuah inovasi pelayanan publik melalui digitalisasi dengan menerapkan aplikasi Sistem Pelayanan Izin Elektronik Terbuka (Sipeka). Namun, dalam pelaksanaannya menimbulkan berbagai kendala yang muncul seperti pelayanan perizinan yang masih memakan waktu lama, masih terjadi salah cetak dan masih terdapat ketidakpahaman masyarakat terhadap tata cara alur proses pada aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam digitalisasi penerapan aplikasi Sipeka di Provinsi Banten serta dilakukan upaya pemberian solusi agar aplikasi ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Adapun sumber data primer berasal dari hasil wawancara dan observasi penulis di Dinas Penanaman Modal Provinsi Banten dan sumber data sekunder berasal dari studi literatur dan studi dokumentasi dari berbagai artikel, jurnal, peraturan perundang-undangan, buku, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi banten belum optimal. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu kurangnya sosialisasi terkait penggunaan aplikasi Sipeka, kurangnya literasi digital pada pelaku usaha di Provinsi Banten serta kurangnya pemahaman masyarakat atas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, harus diupayakan perbaikan agar pelayanan melalui Sipeka dapat berjalan secara efektif dan efisien yaitu dengan melakukan pelatihan kepada seluruh pelaku usaha di Provinsi Banten terkait penggunaan aplikasi Sipeka serta meningkatkan literasi digital kepada pelaku usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. S., & Rahman, A. (2022). Public Service Innovation Population Administration Service System in Inland and Border Areas North Kalimantan (SIPELANDUKILAT). KnE Social Sciences, 2022, 33–48. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.10926

Andalisto, D., Saragih, Y., & Ibrahim. (2022). Analisis Kualitatif Teknologi 5G Pengganti 4G di Indonesia. Jurnal Edukasi Elektro, 06(1), 01–09.

Aprianty, D. R. (2016). Penerapan Kebijakan e-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(4).

Aswin, & Sofyan, M. M. (2022). Dinamika Pelaksanaan Electronic Governance Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13(1), 68.

Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri. (2022). Pedoman Umum Penilaian dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award & Penjelasan Teknis Indikator Indeks Inovasi Daerah. Kementerian Dalam Negeri, 1.

Bahtiar, R., Myrna, R., & Susanti, E. (2021). Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 232.

Bilyastuti, M. P. (2019). Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo Dengan SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu). Reformasi, 9(1).

Biro Humas Kementerian Kominfo. (2022, April 14). Terapkan Strategi Inklusif, Kominfo Dorong Kolaborasi untuk Percepat Transformasi Digital. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Castro, C., & Lopes, C. (2022). Digital Government and Sustainable Development. Journal of Knowledge Economy.

DPMPTSP. (2020). Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi Investasi Tingkat Provinsi Banten Triwulan IV & Tahun 2020. Pemerintah Provinsi Banten, 15.

DPMPTSP. (2021). Realisasi Investasi Provinsi Banten 2021. Pemerintah Provinsi Banten.

DPMPTSP Provinsi Banten. (2021a). Rekapitulasi Pengaduan Perizinan dan Non Perizinan.

DPMPTSP Provinsi Banten. (2021b). Rencana Tindak Lanjut Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2021.

El-Haq, I. M. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Birokrasi Publik di Kantor Desa Kebonagung. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(04).

Engkus, Trisakti, F., Hidayat, A., Suparman, N., & Ludianingsih, U. (2019). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (RFId). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 34.

Engvall, T., & Flak, L. S. (2022). Digital Governance as a Scientific Concept. In Y. Charalabidis, U. of the Aegean, & G. Samos (Eds.), Scientific Foundations of Digital Governance and Transformation concepts, approaches and challenges (p. 25). Springer.

Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan Revolusi Industri 4.0: Mencegah Smart ASN Menjadi Mitos dalam Agenda Reformasi Birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3).

Firdausijah, R. T., & Priatna, A. (2020). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 116.

Gati, R. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Di DPMPTSP Kota Bandung. Journal If Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(1).

Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik. Kebijakan Publik Deliberatif, 9.

Hayat. (2020). Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), 8(1).

Islami, M. J. (2021). Implementasi Satu Data Indonesia: Tantangan dan Critical Success Factors (CSFs). Jurnal Komunika, 10(1).

Juliarso, A. (2019). Analisis Implementasi e-Government Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 21.

Koran Sindo. (2017, November 7). Sipeka Jadi Solusi Banten Gaet Investor. Sindo News.Com. https://daerah.sindonews.com/berita/1255322/174/sipeka-jadi-solusi-banten-gaet-investor

Lestari, N. W. N. D. (2019). PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen Ubud, 8(11), 6700–6720.

Mahmud, T. A. (2020). Implementation of E-Government Policy in Banten Province. 1st International Multidisciplinary Conference on Education, Technology, and Engineering (IMCETE 2019).

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Maulida, L. (2022). Kominfo tutup 24.000 Aplikasi Pemerintah, Siapkan satu “Super App” Layanan Publik. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/07/13/10320097/kominfo-tutup-24000-aplikasi-pemerintah-siapkan-satu-super-app-layanan-publik

Maysara, & As’ari, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Aplikasi Potensi Investasi (SIAPI) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Jurnam Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAIP), 3(3).

Moleong, L. . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. ROSDA.

Muharam, R. S., & Melawati, F. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(1).

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 102.

Ombudsman Republik Indonesia. (2021). Laporan Ombudsman Tahunan 2021. 37.

Pangerapan, T. M., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2022). Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 2(2), 4.

Pratama, I. N., Darmansyah, & Subandi, A. (2023). Transformasi Good Governance dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Mataram. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2.

Putri, M. C., & Yuliyana, W. (2023). Implementasi Digitalisasi Pelayanan Publik dan Kompetensi SDM Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. JASDIM Nusa Mandiri: Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital Dan Manajemen, 02(1), 2.

Putri, R. A. (2022). Dekonstrukti Kebijakan Publik Masa Kini Melalui Eskalasi Kualitas Satu Data Indonesia: Antara Harapan dan Kenyataan.

Rahayu F., P, E., & K, T. R. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Publik, 9(2).

Rahman, A., Satispi, E., & Adiyasha, L. (2020). Perbandingan E-government antara singapura dan Jepang: Perspektif Determinan dan Peranannya dalam Mengefektifkan Pemerintahan dan Mengendalikan Korupsi. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 6(2).

Redaksi. (2021). Innovative Government Award (IGA) 2021: Banten Raih Predikat Provinsi Sangat Inovatif. Radar Banten. https://doi.org/https://www.radarbanten.co.id/innovative-government-award-iga-2021-banten-raih-predikat-provinsi-sangat-inovatif/

Samudra, D. F. D., Salahudin, S., & Taufikurahman, I. (2022). Inovasi Pelayanan Informasi Publik Melalui Aplikasi Portal Informasi Pemkab Nganjuk (PING). Academia Praja, 5(1).

Septiani, E., & Siswadhi, F. (2020). Pelayanan Publik Dalam Perspektif Administrasi Publik Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5).

Styareni, A. Ap. P., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Pelayanan “Joss Banget Mas” (Jemput Online Single Submission Bersama Instansi Terkait dan Malam Hari Bisa) Di Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Publika, 9(1).

Suhaeman, I., Haerana, & Riskasari. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 13(1).

Sulistyo, I. N., & Ediwidjojo, S. P. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2).

Tim CNN Indonesia. (2020). Survei: 10 Persen Orang RI Masih Tak Tahu Pakai Internet. CNN Indonesia.

Tolandang, M. F., Gosal, R., & Pangemanan, S. E. (2022). Efektivitas Organisasi Dinas Informasi Komunikasi Statistik Dan Persandian Dalam Pemanfaatan E-Government di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 2(1).

Trisantosa, I. N., Kurniasih, D., & Hubeis, M. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital (1st ed.). CV Budi Utama.

Trischler, J., & Trischler, J. W. (2021). Design for experience - a public service design approach in the age of digitalization. Public Management Review.

Wahida, A., & Nurhidayani, A. (2020). Analisis Kedisiplinan Pegawai Dalam Penerapan E-Kinerja Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 1(1).

Yulianto. (2020). Meningkatkan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Menuju Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2).

Downloads

Published

2024-01-31