IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH DASAR NO 6 ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG PROVINSI BALI

Authors

  • Cok Gde Agung Kusuma Putra Universitas Ngurah Rai
  • Sri Sulandari Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Ni Luh Putu Suastini Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Ni Kadek Sadu Astuti Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Luh Riniti Rahayu Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.6089

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Pelayanan Publik, PPDB

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah proses penarikan calon peserta didik untuk dijadikan input sekolah dengan tujuan untuk memeratakan akses dan kualitas pendidikan. Pelaksanaan PPDB ini berdasarkan atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 1 Tahun 2021. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi kebijakan pelayanan publik PPDB  di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan pelayanan publik penerimaan peserta didik baru di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan publik PPDB di masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan pelayanan publik di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian deskriftif  kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan PPDB  di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal belum berjalan dengan optimal yang dapat dilihat dari masih adanya masyarakat yang kurang paham dengan proses PPDB melalui jalur zonasi karena kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan sehingga timbul ketidakpuasan beberapa orang tua siswa dalam mengikuti PPDB online. Faktor yang mendukung implementasi kebijakan pelayanan publik PPDB di Sekolah Dasar No 6 Abiansemal karena adanya partisipasi publik dalam proses PPDB online serta adanya standar dan sasaran kebijakan. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu adanya calon peserta didik baru yang berada di luar zonasi, adanya NIK peserta didik yang tidak terdaftar di sistem pendaftaran online, serta adanya jumlah siswa yang melebihi kuantitas rombel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong. 2011. Proses Mengorganisasikan Dan Mengurutkan Data. Jakarta : Prenada Media.

Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan. Manajemen Pegawai Negeri Sipil cetakan kelima. Jakarta: Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak. 2015. Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Subarsono. 2021. Analisis Kebijakan Publik, Konsep Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sri, Andani. 2014. Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang. Yogyakarta, Pustaka.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung : Alfabeta

Sumaryadi, I Nyoman. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Penerbit. Citra Utama.

Sutrisno, Hadi. 2016. Statistik Jilid II. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM

Zen, Zelhendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Downloads

Published

2023-01-31